Pesantren Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Kraksaan, Probolinggo

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Kraksaan, Probolinggo

Profil
Pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani berada di desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kelahirannya berawal dari jamaah pengajian manakib Syekh Abdul Qodir al-Jailani yang dirintis oleh KH. Aminuddin. Istilah “manakiban” dikenal oleh masyarakat Rangkang sejak dulu, dan dilaksanakan oleh warga masyarakat yang dikumpulkan setiap bulan oleh KH. Aminuddin untuk membaca doa manakib. Bacaan manakib sendiri terdiri dari bacaan yang berisi pujian dan doa kepada Allah SWT. Tradisi tersebut kemudian dilanjutkan oleh putra beliau KH. Abdul Hafidz Aminuddin hingga saat ini. Dan di tangan KH. Abdul Hafidz Aminuddin kegiatan manakib mendapat dukungan yang lebih luas dari masyarakat melewati batas Kabupaten Probolinggo.

Pondok Pesantren Syekh Abdul Qodir ini pertama kali didirikan oleh KH. Abdul Hafidz  Aminuddin pada tahun 1989. Beliau adalah alumni Pon-Pes Tebuireng, Jombang, kemudian melanjutkan ke Pondok Salafiah Pasuruan. KH. Abdul Hafidz Aminuddin adalah seorang penghafal al-Qur’an (Hafidz). Dan sampai sekarang, beliau mengajar langsung santri-santri yang menghafalkan al-Qur’an, baik putra maupun putri.

Kegiatan pesantren diawali dengan pengajian mingguan manakib Syekh Abdul Qodir al-Jailani yang diikuti oleh santri dan masyarakat sekitar Probolinggo. Santri berdatangan dari seluruh desa di Kab. Probolinggo. Dalam kegiatan ini semua putera dan putri KH. Abdul Hafidz Aminuddin ikut berperan memajukan sarana dan prasarana pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani. Akhirnya, pondok ini berkembang pesat karena mendapat dukungan dari masyarakat.

Kini, jumlah santri yang tinggal di pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani sekitar 1.000 santri putra dan putri, termasuk anak-anak yatim piatu yang berjumlah sekitar 300 orang. Sedangkan jamaah manakib sekitar 10.000 s/d 15.000 orang dari berbagai kota di Jawa, seperti Probolinggo, Jember, Situbondo, Malang, Madura, Kediri, Batang dan Jakarta. Bahkan beberapa santri berasal dari Bengkulu.

Pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani, semenjak awal berdirinya sampai sekarang, memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat berwawasan ASWAJA (ahlus sunnah wal jamaah) dalam upaya mencerdaskan bangsa serta membantu pemerintah dalam usaha menciptakan manusia seutuhnya. Pondok pesantren ini berupaya untuk membangun masyarakat yang maju yang selaras dengan tuntutan zaman.

Riwayat Pengasuh:
1. KH. Abdul Hafidz Aminuddin

Sofiyan Hadi, Lc., MA. dan Khadijah Al Hafidhah

Read more
tanggal : 31 Oktober 2018
Judul : Al Mawaddah Kudus Raih Anugerah Pesantren Entrepreneur Inspiratif 2018
Link : http://isknews.com/al-mawaddah-kudus-raih-anugerah-pesantren-entrepreneur-inspiratif-2018/
2.

Pendidikan
Masalah yang dihadapi oleh pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani dalam mengembangkan pendidikan dan pengajaran pada hakikatnya adalah bagaimana melakukan pembinaan santri yang mandiri, memiliki kedalaman pemahaman yang luas, memiliki wawasan dan pandangan yang kritis dan siap memenuhi tantangan zaman, juga membina santri dengan pendidikan karakter dan akhlak secara intensif. Bagaimanapun juga, pengembangan intelektual harus dimbangi dengan pengembangan spiritual yang memadai, sehingga santri memiliki kepribadian yang utuh.

Untuk itulah, pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani mengembangkan pendidikan dan pengajaran melalui kegiatan pendidikan formal dan non formal. Unit pendidikan formal, yaitu kegiatan sekolah yang diselenggarakan oleh pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani.

Pendidikan  Formal
1. PAUD Syekh Abdul Qodir al-Jailani
2. TK Syekh Abdul Qodir al-Jailani
3. TPQ Syekh Abdul Qodir al-Jailani
4. MI Syekh Abdul Qodir al-Jailani
6. SD Takhasus Al- Qur’an (Sekolah Dasar Penghafal Al-Qur’an)
7. MTs Syekh Abdul Qodir al-Jailani
8. SMP Syekh Abdul Qodir al-Jailani
9. MA Syekh Abdul Qodir al-Jailani
10. SMA Syekh Abdul Qodir al-Jailani
11. SMK Syekh Abdul Qodir Al-Jailani
12. PGSD pokjar Syekh Abdul Qodir al-Jailani

Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah Syekh Abdul Qodir al- Jailani
2. Majlis Ta’lim
3. Lembaga Pengembangan Bahasa Asing
4. Lembaga Pengembangan Ketrampilan

Fasilitas
1.  Masjid
2.  Gedung Sekolah
3.  Auditorium
4.  Asrama Santri
5.  Laboratorium Komputer
6.  Poskestren (Balai Pengobatan Santri)
7.  Sarana Olahraga
8.  Lapangan Futsal
9.  Koperasi Pesantren
10. Kantin

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Ziarah
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Kaligrafi
13. Beladiri
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah

Alamat
Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo
Kode Pos:  67282
Telepon: (0335) 841588


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.