Berangkatlah dan Bulatkan Tekad

 
Berangkatlah dan Bulatkan Tekad

LADUNI.ID - Seringkali seseorang dalam melakukan sesuatu hal atau pekerjaan menemui kendala atau rintangan yang menghalang. Tak jarang orang tersebut mengalami keputusasaan atas rintangan tersebut. Bagaimana seharusnya menyikapi hal demikian? Ibnu Athaillah dalam Kitab Hikamnya memberikan formulasi sebagai berikut:

لا تَرْحَلْ مِنْ كَوْنٍ إلى كَوْنٍ فَتَكونَ كَحِمارِ الرَّحى؛ يَسيرُ وَالمَكانُ الَّذي ارْتَحَلَ إلَيْهِ هُوَ الَّذي ارْتَحَلَ عَنْهُ. وَلكِنِ ارْحَلْ مِنْ الأَكْوان إلى المُكَوِّنِ، (وَأَنَّ إِلَى رَبِّكَ الْمُنْتَهَى). وَانْظُرْ إلى قَوْلِهِ - صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - “فَمَنْ كانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ وَرَسولِهِ فَهِجْرَتُهُ إلى اللهِ وَرَسولِهِ، وَمَنْ كانَتْ هِجْرَتُهُ إلى دُنْيا يُصيبُها أو امْرأةٍ يَتَزَوَّجُها فَهِجْرَتُهُ إلى ما هاجَرَ إلَيْهِ”. فافْهَمْ قَوْلَهُ - عَلَيْهِ الصَّلاةُ وَالسَّلامُ - وَتَأمَّلْ هذا الأمْرَ إنْ كُنْتَ ذا فَهْمٍ .. والسَّلامُ

Jangan terus berputar-putar dalam siklus yang tetap, bagai sapi yang berputar mengelilingi batu giling. Tempat yang ia tuju adalah tempat ia berangkat. Bergeraklah dari alam semesta menuju Penciptanya. "Sesungguhnya Tuhanmulah tempat segalanya berakhir". Renungkan dan pahami kata-kata Nabi : “siapa yang bercita-cita untuk setia kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia akan meraihnya. Siapa yang berhasrat menggapai kenikmatan hidup di dunia, atau merengkuh perempuan dalam pernikahan, dia akan menggapai dan merengkuhnya". Pahamilah kata-kata Nabi dan renungkan hal ini, jika kau seorang cendikia. Semoga damai. 
(Hikam Ibn Athaillah)

Kutipan dari Status Facebook : KH Husein Muhammad