Kisah Inspiratif dari Perempuan Pertama Bergelar Syaikhah Asal Indonesia

 
Kisah Inspiratif dari Perempuan Pertama Bergelar Syaikhah Asal Indonesia

LADUNI.ID, Jakarta - Perempuan pertama yang mendapat gelar Syaikhah dari Al-Azhar Mesir itu berasal dari Indonesia. Dia adalah Rahmah El Yunusiyah, yang merupakan seorang ulama perempuan pada awal abad XX yang sukses dalam bidang pendidikan dan berhasil mendirikan lembaga pendidikan untuk perempuan. Berkat keberhasilan tersebut, Rahmah bahkan diundang mengajar di sekolah-sekolah Kerajaan Malaysia.

Rahmah El Yunusiyah dilahirkan di Padang Panjang, Sumatera Barat pada tahun 1900. Ia dilahirkan dari keluarga yang memiliki latar belakang pendidikan. Ayahnya adalah ulama qadhi, kakeknya seorang ahli ilmu falak dan pemimpinan tarekat Naqsyabandiyah.

Rahmah adalah seorang yang gigih dalam menimba ilmu, belajar agama di Sekolah Diniyah yang dikelola oleh kakaknya pada pagi hari, ia belajar agama pada saat membantu Buya Hamka yaitu Haji Abdul Karim Amrullah, Tuanku Mudo dan Abdul Hamid.

Rahmah tidak hanya berhenti pada pelajaran agama saja, ia juga membahas berbagai ilmu kesehatan seperti ilmu kebidanan di Rumah Sakit Umum.

Perempuan pada masanya merupakan kaum yang terbelakang. Rahmah berhasrat untuk mengangkat derajat kaum wanita melalui pendidikan. Pada tahun 1923 ia mendirikan sebuah sekolah khusus untuk kaum perempuan yang diberi nama Madrasah Diniyah Putri.

Awalnya murid sekolah ini hanya 71 orang yang terdiri dari kaum ibu muda yang sudah berkeluarga. Bertempat di serambi masjid Pasar Usang, mereka belajar sains-sains,...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni