Mungkinkah Hanya Orang Humoris yang Tidak Bisa Direkrut Jadi Teroris?

 
Mungkinkah Hanya Orang Humoris yang Tidak Bisa Direkrut Jadi Teroris?

LADUNI.ID, Kasubdit Napi Deradikalisasi badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kolonel Sigit Karyadi mengatakan, banyak sekali faktor-faktor yang membuat seseorang menjadi teroris. Salah satunya cenderung lebih menyendiri dan tidak terlalu pandai sehingga mudah diajak menjadi teroris.

Dalam acara diskusi di Kampus Pertamina Jakarta Selatan, Kolonel Sigit Karyadi Mengatakan kecendrungan seseorang menjadi teroris disebabkan karena orang tersebut tidak mudah mengungkapkan perasaannya dan introvert, itulah yang paling gampang direkrut. Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sigit menilai orang itulah pelaku utamanya. Dan Menurut Sigit, orang dengan karakter Humoris yang paling susah dideketin.

Sigit juga mengungkapkan, BNPT telah memiliki data perilaku seseorang yang diduga terlibat jaringan terorisme. "Masih banyak saya nggak bisa jelaskan secara gamblang. Itu ada itunya lagi, tapi yang jelas itu tanda tanda cenderung karena ini psikolog yang main," katanya.

Oleh karena itu, dirinya berharap kerjasamanya dengan masyarakat untuk membantu memerangi teroris.

"Kemarin juga ada beberapa yang sudah dilakukan BNPT, kemaren ada orang tuanya melaporkan ke BNPT, kami BNPT ikut turun tangan, itu sudah kami lakukan," pungkasnya.