Daripada Bikin Bingung Penggunanya, Google Hentikan Integrasi Photos dan Drive

 
Daripada Bikin Bingung Penggunanya, Google Hentikan Integrasi Photos dan Drive

LADUNI.ID, Saat kita memasukkan akun google selama ini, Google menawarkan sinkronisasi antara Photos dan Drive. Namun, integrasi ini bakal dihentikan karena dianggap membingungkan pengguna.

Product Manager Google Drive dan Photos, Dan Schlosser dan Jason Gupta dalam unggahan blognya mengatakan, "Kami mendengarkan masukan pengguna, koneksi antara (kedua) layanan ini membingungkan. Oleh karenanya, bulan depan kami membuat perubahan untuk menyederhanakan pengalaman menggunakan Drive dan Photos,".

Dikutip dari sumber berita terpercaya, Jumat (14/6/2019), saat perubahan diterapkan pada Juli mendatang, baik foto maupun video yang diunggah ke Google Drive tak akan otomatis muncul di Photos. Begitu pula sebaliknya.

Dan untuk tambahan, file yang telah dihapus pada kedua layanan tersebut tidak akan tersinkronisasi di Google Photos dan Drive.

ia melanjutkan, "Perubahan ini dirancang untuk membantu menghindari penghapusan foto karena ketidaksengajaan baik di Google Photos maupun Drive,"

Pada sistem yang tengah ada saat ini memberikan banyak peluang bagi pengguna untuk secara tak sengaja menghapus file atau foto jika tidak hati-hati.

Dengan tujuan yang jelas tersebut, Google akan menawarkan cara kepada pengguna untuk menggandakan foto atau video dari Google Drive ke Photos, melalui upload from Drive ke versi website Google Photos.

Pengguna nantinya akan memiliki dua versi file yang sama tanpa adanya tautan di antara keduanya.

Google juga mengingatkan karena ini merupakan perubahan baru, hal ini mungkin akan membuat pengguna bingung, terutama terkait dengan ruang penyimpanan di cloud.

Terlebih jika item yang digandakan berkualitas tinggi, tentu akan menghabiskan ruang penyimpanan cloud baik di Drive maupun Photos.

Tetapi jika pengguna masih menginginkan beberapa konten di dua tempat sekaligus, solusi terbaiknya adalah menggunakan aplikasi Google Backup and Sync yang ada di Windows ataupun Mac.

Demikian semoga bermanfaat.