"Smart City" Menjadi Cita-cita Terbesar pada HUT ke-492 Jakarta

 

LADUNI.ID, Jakarta - Pada perayaan Ulang Tahun Jakarta ke 492 kali ini yang jatuh pada hari sabtu (22/6), Jakarta memiliki misi yang cukup besar yakni ingin menjadi kota pintar (Smart City) bak negeri Tokyo dan Seoul.   

Atika Nur Rahmania, selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistika (Diskominfotik) DKI Jakarta, menuturkan bahwa saat ini Jakarta berada dalam jalurnya menjadi kota pintar. Berdasarkan situs Jakarta Smart City (JSC), Jakarta diprediksikan akan menjadi kota pintar sebelum 2025. Sehingga pada saat ini, Jakarta bisa dikatakan berada dalam masa transisi terkait mencapai Smart City.

Pada Jumat (21/6), Atika mengungkapkan kepada CNNIndonesia.com bahwa "Serangkaian sasaran berkaitan dengan enam kategori smart city yang saling terkait, yaitu smart living, smart mobility, smart governance, smart environment, smart economy, dan smart people. Intinya kami kembangkan teknologi untuk tingkatkan kualitas layanan masyarakat."

Selanjutnya, Dalam proses pengembangan Jakarta menjadi Smart City juga bergantung pada teknologi berupa pengumpulan data yang bisa mendorong pengambilan kebijakan (data driven policy).