Kekhawatiran Internasional, Sampah Antariksa Berpotensi Tabrak Satelit Aktif

 
Kekhawatiran Internasional, Sampah Antariksa Berpotensi Tabrak Satelit Aktif

LADUNI.id, Jakarta – Sampah antariksa berpotensi menabrak satelit aktif menjadi kekhawatiran internasional. Sebab, total objek antariksa yang mengorbit bumi yang ukurannya lebih dari 10 sentimeter saat ini berjumlah 19.700.

Demikian Disampaikan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. Menurut dia, Sebagian besar berupa sampah antariksa yang antara lain berupa satelit mati dan peralatan yang hilang.

"Oleh karenanya saat ini dibuat pedoman internasional untuk membatasi dan mengurangi sampah antariksa," kata Thomas di Jakarta.

Thomas, pengurangan yang efektif adalah dengan memanfaatkan efek hambatan atmosfer yang terkait dengan ketinggian orbit. Satelit-satelit orbit rendah diharapkan jatuh secara alami.

Dari itu, disarankan penggunaan orbit rendah agar sampahnya pada jangka waktu tertentu akan jatuh. Tetapi dengan makin banyaknya objek di orbit rendah juga berisiko bertambahnya potensi tabrakan.

Thomas mengatakan saat ini diupayakan teknologi penjaringan sampah antariksa tersebut. Namun, karena biayang mahal, tidak semua sampah akan diambil.

"Di Jepang ada perusahaan yang akan memberikan jasa pembersihan sampah antariksa, tetapi belum beroperasi," terangnya.

Sumber : Antara dan Bisnis.com