Ternyata Inilah Penyebab Gangguan yang Dialami Facebook.Inc Semalam

 
Ternyata Inilah Penyebab Gangguan yang Dialami Facebook.Inc Semalam

LADUNI.ID, Berdasarkan pengamatan penulis kemarin malam, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali tumbang. Gangguan sempat terjadi selama berjam-jam, mulai sekitar pukul 21.00 WIB kemarin hingga dini hari tadi, sebelum akhirnya dinyatakan sudah berhasil diatasi pagi tadi.

Apakah penyebab gangguan berbarengan yang sekian kalinya terjadi pada Facebook, Instagram, dan WhatsApp itu? pada akun Twitter resmi miliknya, Facebook mengatakan tumbangnya ketiga layanan disebabkan oleh kesalahan sistem yang terjadi pada saat maintenance berkala.

"Pada saat operasi pemeliharaan rutin kami dilakukan, kami (tidak sengaja) memicu sebuah masalah yang kemudian membuat sebagian pengguna sulit untuk mengirim foto dan video," jelas pihak Facebook.

Pada kesempatan yang sama,hal yang senada juga dilontarkan oleh Facebook di halaman Facebook for Developers. Hanya saja, di situs tersebut pihak Facebook membeberkan penyebab tumbangnya layanan mereka secara lebih spesifik, yakni berkaitan dengan penurunan kinerja di endpoint API di platform milik Facebook.

Sebagai informasi, semua layanan di bawah naungan Facebook Inc., yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan bermasalah. Sebagian besar gangguan terkonsentrasi di benua Eropa dan Amerika, bahkan Indonesia juga tetap merasakan dampak yang sama.

Gangguan tersebut menyebabkan banyak pengguna yang mengeluh tidak bisa mengunduh dan mengunggah file media seperti foto atau video.

Selain itu ada juga yang mengeluhkan tidak bisa menerima dan mengirim pesan. Pengguna Instagram mengaku gagal memuat Stories sementara pengguna Facebook kesuliltan mengalami log-in, dan tidak bisa memuat Facebook Stories serta foto.