Kumpulan Doa Haji dan Umroh

 
Kumpulan Doa Haji dan Umroh
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Secara umum haji merupakan ziarah umat Islam tahunan ke Makkah, kota suci umat Islam. Dalam konteks ideologis, haji adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam, yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh semua orang muslim baligh telah masuk dalam kategori mampu.

Lebih dari itu, ibadah haji adalah salah satu Rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Karena itu umat Islam sangat antusias dalam menunaikan ibadah haji, yang tidak lain adalah untuk menyempurnakan Rukun Islam ini bagi dirinya. Seperti yang kita tahu bahwa Rukun Islam ini ada lima, yakni; syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji. Jika ingin keislaman seorang muslim sempurna tentu kelima rukun ini dilaksanakan dengan sempurna pula. Tapi, meski demikian tidak berarti jika tidak mampu berangkat haji, lantas dianggap tidak sempurna Islamnya. Sebab ibadah haji ini hanya diwajibkan bagi yang mampu.

Dalam melaksanakan ibadah haji, tentu terdapat banyak bacaan doa yang perlu untuk diamalkan. Sebab ini adalah momentum yang sangat sakral dan mustajabah. Tidak saja terkait dengan waktu, tetapi juga karena berada di tempat yang suci. Beribadah dalam kesempatan ini akan dilipatgandakan pahalanya.

Berikut ini kumpulan doa haji dan umroh yang bisa diamalkan sesuai waktu dan tempatnya.

Bacaan Talbiyah

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ. اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَاْلمُلْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ.

Lafadh Niat Haji

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ حَجًّا

Artinya: “Aku sambut panggilan-Mu ya Allah, untuk berhaji.”

Lafadh Niat Umroh

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ عُمْرَةً


Artinya: “Aku sambut panggilan-Mu ya Allah, untuk berumroh.”

Doa Ihrom

اَللّٰهُمَّ أُحَرِّمُ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ وَجَسَدِيْ وَجَمِيْعَ جَوَارِحِيْ مِنَ الطِّبِّ و النِّسَآءِ وَكُلِّ شَيْءٍ حَرَّمْتَهُ عَلَى اْلمُحْرِمِ أَبْتَغِيْ بِذٰلِكَ وَجْهَكَ اْلكَرِيْمَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya: Ya Allah aku haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuhku dari minyak wangi, perempuan dan semua yang Engkau haramkan bagi seorang yang sedang berihram, demi mengharapkan Engkau semata, wahai Tuhan pemelihara alam semesta.”

Doa Ketika Tiba di Tempat Tujuan

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَ خَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَ شَرِّ أَهْلِهَا وَ شَرِّ مَا فِيْهَا

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Doa Sholawat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى اٰلِ مُحَمَّد

Artinya: “Ya Allah berilah kesejahteraan bagi Muhammad dan keluarganya.”

Doa Setelah Sholawat

اللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَ نَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ. رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلٰاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya kami memohon keridhoan dan surga-Mu, kami berlindung pada-Mu dari murka-Mu dan neraka. Wahai Tuhan kami, anugerahilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan pula di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.”

Doa Masuk Kota Makkah

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَآئِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ.

Artinya: “Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksa-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan para hamba-Mu. Dan jadikan aku termasuk dalam golongan para kekasih-Mu dan ahli taat kepada-Mu.

Doa Masuk Masjidil Haram dari Babussalam

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sumber keselamatan, dan dari-Mu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga, tempat yang penuh kesejahteraan, wahai Dzat Yang Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukkanlah aku ke dalam ampunan-Mu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah sholawat dan salam untuk Rasulullah.”

Doa Ketika Melihat Ka’bah

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَّفَّهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَبِرًّا.

Artinya: "Ya Allah, tambahkan lah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya di antara mereka yang berhaji atau yang berumroh, dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan.”

Doa Thowaf Putaran Pertama Dari Hajar Aswad

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر، ِسُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُللهِ وَلآ إِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

اَللّٰهُمَّ إِيْمَانًا بِكَ وَتَصْدِيْقًا بِكِتَابِكَ وَوَفَآءً بِعَهْدِكَ وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَوَالْعَافِيَةَ واْلمُعَافَاةَ الدَّآئِمَةَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا اْلٰاخِرَةِ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ.

Artinya: “Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar. Maha Suci Allah segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan yang disembah selain Allah. Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan selain dengan kuasa Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Sholawat dan salam bagi Rasulullah SAW.

Ya Allah, aku thowaf ini karena beriman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu dan memenuhi janji-Mu serta mengikuti sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ampunan, kesehatan dan kesejahteraan yang kekal dalam menjalankan agama di dunia dan di akhirat, berhasil meraih surga dan terhindar dari neraka.”

Doa Melewati Maqam Ibrahim

رَبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِيْ مِن لَّدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا. وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا.

Artinya: “Ya Allah, masukanlah aku dengan cara masuk yang benar dan keluarkanlah aku dengan cara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah, yang benar telah datang dan yang bathil telah lenyap. Sesungguhnya yang bathil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.”

Doa di Rukun Iraqi

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الشَّكِّ وَالشِّرْكِ وَالشِّقَاقِ وَالنِّفَاقِ وَسُوٓءِاْلأَخْلَاقِ وَسُوٓءِاْلمَنْظَرِ وَاْلمُنْقَلَبِ فِى اْلمَالِ وَاْلأَهْلِ وَالْوَلَدِ. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ فِتْنَةِ اْلمَحْيَا وَاْلمَمَاتِ.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa was-was, syirik, cerai berai (bertengkar), bermuka dua, buruk budi pekerti, buruk pandangan (salah urus) terhadap harta benda dan keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu keridhoan dan surga-Mu, dan aku berlindung pada-Mu dari murka-Mu dan neraka. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari fitnah kubur serta dari fitnah kehidupan dan derita kematian.”

Doa di bawah Talang Emas Kakbah

اَللّٰهُمَّ أَظِلَّنِيْ تَحْتَ ظِلِّ عَرْشِكَ يَوْمَ لَا ظِلَّ اِلَّا ظِلُّكَ وَلَا بَاقِىَ اِلَّا وَجْهُكَ وَأَسْقِنِيْ مِنْ حَوْضِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ شُرْبَةً هَنِيَئَةً مَرِيْئَةً لَا نَظْمَأُ بَعْدَهَا أَبَدًا.

Artinya: “Ya Allah lindungilah aku dibawah lindunganMu pada hari yang tidak ada naungan selain dari naunganMu dan tidak ada yang tinggal kekal selain wajahMu. Dan berilah aku minuman dari telaga Nabi Muhammad SAW dengan suatu minuman yang lezat nyaman, sesudah itu aku tidak akan haus untuk selamanya.”

Doa Melewati Hijr Ismail

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا وَتِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ. يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنِيْ يَا اللهُ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ.

اَللّٰهُمَ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَآئِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ. رَبِّ قَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَنِيْ وَاخْلُفْ عَلٰى كُلِّ غَائِبَةٍ لِيْ مِنْكَ بِخَيْرٍ.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah hajiku ini haji yang mabrur, sa’i yang diterima, dosa yang diampuni dan amal sholeh yang dikabulkan dan perdagangan yang tidak akan mengalami rugi selamanya.”

“Wahai Tuhan Yang Maha Mengetahui apa-apa yang terkandung dalam dada. Keluarkanlah aku dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang. Ya Allah aku mohon pada-Mu segala hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan segala ampunan-Mu, selamat dari segala dosa dan beruntung dengan mendapatkan segala kebaikan, beruntung memperoleh surga, terhindar dari neraka. Ya Tuhanku, anugerahkan padaku dan gantilah segala hal yang luput dariku dengan kebajikan dari-Mu.”

Doa Ketika Melalui Rukun Syami sampai Rukun Yamani (Putaran 1)

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرَّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ اْلمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ اْلمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ اْلمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَةِ اْلمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ. اَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَا شُنَا وَأَصْلِحْ لَنَا اٰخِرَتِنَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَا دُنَا وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِيْ كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ اْلمَوْتَ رَاحَةً مِنْ كُلِّ شَرٍّ.

Artinya: “Ya Allah, kami mohon pada-Mu keselamatan, Ya Allah baikanlah agama kami karena itulah yang akan mengatur urusan kami. Dan baikanlah dunia kami yang di sanalah kami hidup dan baikanlah akhirat kami, karena di sanalah kami akan dihisab dan jadikanlah hidup kami untuk menambah amalan kebaikan dan jadikanlah mati kami sebagai istirahat dari kejahatan.”

Doa Ketika di Rukun Yamani dengan Mengangkat Tangan (tanpa dikecup)

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.”

Doa Ketika Berjalan Menuju Hajar Aswad

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلٰاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ اْلأَبْرَارِ يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, hindarkanlah kami dari siksa api neraka. Dan masukkanlah kami ke dalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam.”

***

Demikianlah kumpulan doa haji dan umroh yang bisa diamalkan oleh para jamaah haji. Semoga bermanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 10 Juli 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim