Pesantren Al-Qodiri Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD3 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Qodiri Jember

Profil

Pondok pesantren Al-Qodiri Jember yang saat ini  beralamat  di Jl. Manggar 139 A, kelurahan Gebang Poreng Kecamatan Patrang Kabupaten Jember,  didirikan  pada hari  Kamis (malam Jum’at) tanggal 06 Juni 1987  oleh  KH Achmad Muzakki Syah yang sekaligus bertindak sebagai pengasuh. 
Lokasi Pesantren Al-Qodiri yang terletak kurang lebih  2 km sebelah utara alun-alun kota Jember, secara geografis berada pada jalur strategis, sebab lokasi tersebut sangat mudah dijangkau dari  segi transportasi, juga berada pada wilayah yang asri sehingga sangat kondusif dan cocok untuk perkembangan lembaga pendidikan.
 
Secara makro, sebagai daerah yang diapit oleh empat kabupaten lain, posisi pesantren Al-Qodiri Jember menjadi Central, sebab ia merupakan lalu lintas pendidikan kota-kota lainnya seperti Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi dan bahkan Bali, empat jalur komunikasi dan sektor pembangunan di empat kabupaten lainnya harus diakses dari Jember, dengan demikian untuk ukuran daerah  tapal kuda, Jember merupakan barometer, pesatnya perkembangan pendidikan di kabupaten Jember secara empirik juga melampaui kota-kota lainnya.
 
Tentang pemberian nama Al-Qodiri pada pesantren ini disebutkan oleh DR. Hefni Zain (Dosen Pascasarjana IAIN Jember) dalam MUTIARA DI TENGAH SAMUDRA (LKIS) : Pemikiran, perjuangan dan biografi  KH Muzakki Syah,  (2007 : 38-51)  adalah  didasarkan pada dua hal, 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya