Jokowi Tinjau Tiga Lokasi Rencana Ibu Kota Pengganti Jakarta

 
Jokowi Tinjau Tiga Lokasi Rencana Ibu Kota Pengganti Jakarta

LADUNI.ID, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meninjau tiga lokasi yang menjadi calon ibu kota baru Republik Indonesia. Tiga lokasi tersebut adalah terletak di Bukit Soeharto, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, dan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Rencana Jokowi membuat ibu kota baru ini dibenarkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. Bambang mengatakan bahwa Jokowi telah menyetujui lokasi yang akan menjadi ibu kota baru negara Indonesia.

Tiga lokasi tersebut terletak di dua provinsi. Dari dua provinsi ini terdapat tiga daerah yang menjadi bakal calon ibu kota Negara. Tiga derah tersebut adalah Bukit Nyuling (Gunung Mas, Kalimantan Tengah), Bukit Soeharto (Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur), dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah).

Jokowi akan mengumumkan provinsi yang terpilih jadi ibu kota negara baru pada Agustus 2019. Dua kandidat kuat pengganti DKI Jakarta adalah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. (Diolah dari laman Kumparan)