Pemimpin Taliban Kunjungi PBNU Bicarakan Perdamaian

 
Pemimpin Taliban Kunjungi PBNU Bicarakan Perdamaian

LADUNI.ID, Jakarta - Delegasi Taliban yang dipimpin Mullah Baradar Akhund berkunjung ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Rabu (30/7). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua Umum PBNU Prof Dr KH. Said Aqil Siroj MA.

Selain Mullah Baradar, ada tujuh orang delegasi dari Taliban yang menemani Mullah Baradar datang ke PBNU dengan tujuan membahas penyelesaian konflik berdarah yang telah terjadi di Afghanistan.

Kedatangan delegasi dari Taliban ini bukan tanpa dasar. Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pemerintah akan mengirim tentara perdamaian ke Afganistan. Ketika itu, akan dilakukan operasi agar TNI di Afghanistan aman.

Maka pihak Kemenlu meminta PBNU (Waketum PBNU) melakukan upaya komunikasi dan dialog dengan ulama-ulama/suku-suku di Afghanistan. Upaya-upaya tersebut kemudian dilanjutkan pada masa pemerintahan Jokowi dan memposisikan wakil presiden Jusuf Kalla sebagai tokoh rekonsiliasi.

Dalam perjalanannya, upaya perdamaian di Afganistan sudah mulai terlihat titik terang. Setelah ulama-ulama moderat berbasis suku dikumpulkan NU dan diundang NU, termasuk mengenai berdirinya NU Afghanistan.

Sementara itu, ulama Taliban/ Wahabi/ Salafi mulai dilobi untuk terlibat dalam perdamaian Afghanistan setelah suprastruktur (islam moderat/ NU) mengakar. Hasilnya, terbentuk dan berdirinya NU di 16 provinsi di Afghanistan.

Kedatangan pemimpin Taliban bertemu Jusuf Kalla adalah dalam rangka membuka dialog untuk perdamaian yang susten di Afganistan.