Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan Tubuh

 
Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan Tubuh

LADUNI.ID, Jakarta - Membaca al-Qur’an adalah kewajiban bag seluruh umat Muslim di dunia. Akan tetapi, selain menjadi kewajiban, membaca al-Qur’an juga memberikan banyak manfaat dan faedah baik dalam kehidupan dunia maupun untuk bekal kehidupan di akhirat.

Baru-baru ini, telah ditemukan manfaat membaca al-Qur’an bagi kesehatan manusia. Hal ini dibuktikan oleh sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Peneliti tersebut bernama Dr Ahmed Al-Qadhi.

Dalam sebuah kesempatan, Dr. Ahmed Al-Qadhi menyampaikan bahwa membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci al-Quran saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia. Bukan hanya dia, riset lain sudah dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca al-Qur’an bagi kesehatan.

Berikut ini, adalah beberapa manfaat membaca al-Qur’an bagi kesehatan tubuh manusia yang kemudian dirangkum menjadi 4 (empat) manfaat sebagai berikut.

1.       Terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.

Saat membaca al-Qur’an, manfaat yang langsung bisa dirasakan adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

2.       Efektif menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung

Lantunan ayat Alquran memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil. Proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil.

3.       Efektif Tingkatkan daya ingat dan konsentrasi

Kaum muslim yang rajin membaca Alquran terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Alquran juga secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Karenanya, sangat disarankan bagi Anda yang bekerja di kantor untuk membiasakan diri membaca Alquran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk membantu Anda agar lebih fokus memulai pekerjaan.

4.       Membantu menghancurkan sel-sel kanker.

Penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi juga menyebutkan, lantunan ayat suci Alquran mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker. Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Alquran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. (Sumber: Republika)