Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan Tubuh

 
Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan Tubuh

LADUNI.ID, Jakarta - Membaca al-Qur’an adalah kewajiban bag seluruh umat Muslim di dunia. Akan tetapi, selain menjadi kewajiban, membaca al-Qur’an juga memberikan banyak manfaat dan faedah baik dalam kehidupan dunia maupun untuk bekal kehidupan di akhirat.

Baru-baru ini, telah ditemukan manfaat membaca al-Qur’an bagi kesehatan manusia. Hal ini dibuktikan oleh sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Peneliti tersebut bernama Dr Ahmed Al-Qadhi.

Dalam sebuah kesempatan, Dr. Ahmed Al-Qadhi menyampaikan bahwa membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci al-Quran saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia. Bukan hanya dia, riset lain sudah dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca al-Qur’an bagi kesehatan.

Berikut ini, adalah beberapa manfaat membaca al-Qur’an bagi kesehatan tubuh manusia yang kemudian dirangkum menjadi 4 (empat) manfaat sebagai berikut.

1.       Terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.

Saat membaca al-Qur’an, manfaat yang langsung bisa dirasakan adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

2.      

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN