Belajar dari Nur Afdhaliah, Gadis Hafal Qur’an yang Bisa Kuliah Gratis

 
Belajar dari Nur Afdhaliah, Gadis Hafal Qur’an yang Bisa Kuliah Gratis

LADUNI.ID, Pangep - Kuliah tanpa dipungut biaya alias gratis mungkin menjadi dambaan semua orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi sekarang, di tengah mahalnya biaya kuliah di kampus swasta ataupun kampus negeri.

Tetapi untuk orang yang memiliki bakat, keinginan dan kemampuan lebih, kuliah gratis tentu bukan hal mustahil. Hal ini seperti dialami oleh gadis kelahiran 10 November 2000 di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara bernama Nur Afdhaliah.

Nur Afdhaliah berhasil masuk di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) tanpa dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Berkat kelebihan menghafal Al-Qur’an 30 jus dan keinginan yang kuat, Nur Afdhaliah  berhasil kuliah gratis. Dia hafal Al-Qur’an sejak usia 16 tahun.

Nur Afdhaliah yang merupakan anak dari tiga bersaudara ini menceritakan bahwa ia sekolah dan hafal Al-Qur’an di Pesantren Darul Aman, Makassar. Dia pun mengungkapkan rasa syukurnya atas kelebihan menghafal Al-Qur’an dan bisa kuliah gratis di Universitas Muslim Indonesia.

“Alhamdulillah, saya sudah khatam hafal Qur’an 30 juz. Bisa hafal 30 juz selama satu tahun tujuh bulan,” ungkapnya saat ditemui disela-sela kegiatan mengikuti pesantren kilat di Pesantren Darus Mukhlisin, Padang Lampe, seperti dilansir laman Sulselsatu, Kamis (29/8).

Selain saat ini sudah bisa kuliah gratis, Nur Afdhaliah sebenarnya sudah banyak meraih prestasi sebelumnya. Di antaranya adalah sebagai juara 1 Hifdzil Qur’an 30 jus tingkat Sulteng, yang saat itu masih berusia 16 tahun.

Gadis yang mengaku suka membaca buku motivasi ini, juga pernah meraih juara 1 Musabaqah Kitab Kuning tingkat Provinsi Sulsel. Bahkan ia juga pernah jadi juara 2 Tafsir Bahasa Arab tingkat Provinsi Sulsel. Nur Afdhaliah saat ini ingin mengejar cita-citanya menjadi seorang dokter.

Semoga dapat memotivasi.