Sisihkan Puluhan Peserta, Santri NU Ini Raih Juara 1 MQK dan Umrah Gratis

 
Sisihkan Puluhan Peserta, Santri NU Ini Raih Juara 1 MQK dan Umrah Gratis

LADUNI.ID, Cirebon - Dalam kompetisi Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) Tingkat Provinsi yang diselenggarakan Robithoh Ma’had Islamiah (RMI) PWNU Jawa Barat (Jabar), Santri NU asal Subang, Fadlu Humaedillah Nur berhasil sabet juara 1 dan mendapat hadiah umrah gratis.

Pada kompetisi MQK ini, dilaksanakan lomba baca kitab Ihya Ulumuddin dan diselenggarakan di Pondok Pesantren Assalifiyah, Babakan, Ciwaringin, pada Ahad (1/9) lalu. Kang Fadlu (sapaan sang juara Fadlu Humaedillah Nur) menyisihkan puluhan peserta dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jabar.

Kang Fadlu sendiri adalah santri perwakilan dari Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon. Dia mengaku sangat bahagia dan bersyukur menjadi pemenang sebagai juara pertama pada kompetisi MQK RMI PWNU Jabar tersebut.

Berkat prestasinya sebagai juara 1 lomba MQK yang bertema “Membumikan Kajian Kitab Kuning di Era Millenial” ini, Kang Fadlu mendapat ucapan selamat langsung dari Pengasuh PP. KHAS Kempek, KH Ni’amillah Aqiel Siroj.

“Semoga terus berprestasi dan menjadi motivasi bagi diri sendiri dan teman-temannya,” ucap Kiai Ni’am, sapaan takdzim KH Ni’amillah Aqiel Siroj.

Selain itu, Kiai Ni’am dalam sambutannya juga mengatakan bahwa dalam mengembangkan lembaga pendidikan keagamaan, khususnya pondok pesantren, melalui MQK ini masing-masing santri akan menunjukkan kemampuan dalam membaca teks kitab kuning sebagai khazanah klasik dan rujukan umat Islam.

Selain itu, lanjut beliau, kitab kuning merupakan produk intelektual ulama yang pada umumnya berisi ajakan untuk mengamalkan ajaran Islam dalam bingkai berbangsa dan bernegara.

(Sumber: khaskempek.com)

“Islam harus kita laksanakan secara kultural, secara struktural, dan perjuangan kiai di masa lalu kita teruskan saat ini,” terangnya.

Sebelumnya, dalam pembukaan MQK yang bertema  ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Bapak Uu Ruzhanul Ulum.