Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng, Kiai Muzamil: Berpikirlah Engkau tentang Makhluk Ciptaan Allah

 
Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng, Kiai Muzamil: Berpikirlah Engkau tentang Makhluk Ciptaan Allah
Foto: Dok NU Jateng

LADUNI.ID, Pekalongan - Rektor Institut Teknologi dan Sains (ITS) NU Kabupaten Pekalongan, Dr. Miftakhul Huda, Msi menerima Surat Keputusan (SK) dari Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah (Jateng), KH Mohammad Muzamil.

SK tersebut diserahkan tanda dimulainya perkuliahan ITS NU Pekalangonan pada tahun 2019-2020.

Pada kempatan itu, KH Muzamil menyebutkan NU harus menjadi bagian pelaku pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan ITS NU Pekalongan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang melakukan itu.

“Kita selaku warga NU seyogyanya ikut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bagian dari ibadah kita kepada Alloh SWT,” tutur Kiai Muzamil di Kampus ITS NU Pekalongan, Senin (9/9/19) pagi. Seperti dikutip NU Jateng.

Menurut Kiai Muzamil, bagi paham Ahlussunah wal Jama'ah (Aswaja) tidak memisahkan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan (ilmu umum).

“Semua ilmu adalah ilmu dari Alloh SWT. Sehingga kita tidak perlu ikut-ikutan membedakan atau memisahkan antara ilmu agama dan ilmu umum. Menurut Imam Al-Ghazali ilmu itu ada dua, yaitu ilmu dlohir dan ilmu batin,” tuturnya.

Ia juga menuturkan pelaksanaan ibadah membutuhkan ilmu guna memperbaiki komponen-komponennya.

“Menyediakan sarana dan prasarana ibadah juga diperlukan ilmu, baik ibadah mahdlah maupun ibadah mu’amalah,” terangnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN