Wisata dan Ziarah di Makam Mbah Syarifah Fatimah Kudus

 
Wisata dan Ziarah di Makam Mbah Syarifah Fatimah Kudus

Asal-usul Penemuan Makam

Mbah Syarifah Fatimah menyebarkan agama islam hingga di Desa Getassrabi di Dukuh Kara’an dan tinggal bersama Mbah Dasimah warga asli dukuh Kara’an sampai akhir hayat dan makamnya berada di sebelah barat dukuh Kara’an.

Salah satu bukti penyebaran agama islam yang dilakukan oleh Mbah Syarifah Fatimah adalah masjid yang ada di Dukuh Kara’an di Kubah Masjid saat pemugaran pertama tahun 1980 adanya tulisan 1818 masyarakat mempercayai bahwa masjid tersebut adalah peninggalan Mbah Syarifah Fatimah.

Sebelumnya sekitar tahun 2005-2006 masyarakat dukuh Kara’an penasaran dengan adanya makam yang ada di barat Dukuh tersebut hingga akhirnya saat ada acara salah satu Haul cikal bakal di Desa Getassrabi dahulu salah seorang Kyai dari Padurenan bernama Mbah Mawardi yang menyatakan bahwa di Desa Getassrabi ada beberapa ulama’ dan pejuang islam yang belum diketahui masyarakat dan makamnya ada yang belum ditemukan.

Hingga akhirnya tokoh dukuh Kara’an Alm. Bp. Kyai Ahmad Hady mengajak para tokoh di dukuh tersebut bermusyarawah dan memutuskan untuk pergi ke Pekalongan dan menanyakan pada Habib Luthfi makam siapa yang ada di Dukuh Kara’an.

Setelah dari Pekalongan dan mendapatkan jawaban dari Habib Luthfi ternyata makam itu adalah Mbah Syarifah Fatimah pejuang agama islam dari Yogyakarta di tahun 1818 dan sejak saat itu Makam Mbah Syarifah Fatimah di bangun dan dirawat oleh masyarakat dukuh Kara’an dan selalu diadakan Haul Mbah Syarifah Fatimah pada Rabu akhir bulan Safar atau yang lebih dikenal saat Rabu Wekasan.

Salah satu peninggalan Mbah Syarifah Fatimah yang masih ada sampai sekarang adalah Kubah Masjid Baitul Izzah dukuh Kara’an dan Kubah Masjid Al Isti’anah Srabi kidul, tempat wudhu atau padasan di dukuh srabi kidul dan sumur yang sudah tertutup disekitar makam Mbah Syarifah Fatimah. Konon Mbah Syarifah Fatimah merupakan pejuang yang ahli memanah dan ahli naik kuda.

 

Lokasi Makam Mbah Syarifah Fatimah Kudus
 

Makam Mbah Syarifh Fatimah berada di Dukuh Karaan, Desa Getassrabi, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah