Wisata Religi dan Berdoa di Makam Syekh Muhammad Syahruddin Rembang (Mbah Guntur)

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Religi dan Berdoa di Makam Syekh Muhammad Syahruddin Rembang (Mbah Guntur)
Sekilas Sejarah
 
Muhammad Syahruddin atau Raden Guntur adalah pangeran dari kerajaan singosari (Simbah encik) adalah salah satu murid kesayangan Raden Makdum Ibrohim (kanjeng Sunan Bonang). Beliau ditugaskan menyebarkan agama di wilayah telas dan memberantas Brandal Galingsong dari Puthuk Woro.

Muhammad Syahruddin atau Raden Guntur berwajah tampan mirip seperti orang arab atau haba’ib sehingga Raden Makdum Ibrohim atau Sunan Bonang memanggil Muhammad syahruddin atau Raden Guntur ini dengan sebutan Yek dari kata yek ini Muhammad Syahruddin atau Raden Guntur punya julukan mbah Encik.

Akhirnya Ki Muhammad Syahruddin atau Raden Guntur pergi ke Puthuk Woro untuk menemui brandal Galingsong supaya mau bertaubat atas segala perbuatan jahatnya tapi sang brandal tidak mau karena dia merasa berilmu tinggi sakti mandraguna dan memiliki pusaka asahan yang bernama “Ungkal”. Akhirnya terjadilah perkelahian/pertarungan antara keduanya.

Pada akhirnya Ki Syahruddin atau Raden Guntur ini membuat siasat mengajak brandal Galingsong bertarung di pinggir pesisir, dan sebelum bertarung terlebih dahulu Ki Syahruddin atau Raden Guntur membuat mbelik untuk minum setelah bertarung. Ini adalah siasat Ki Syahruddin atau raden guntur yang pada akhirnya pusaka asahan atau pusaka ungkal milik brandal galingsong di masukkan ke dalam mbelik lantas di buang kearah selatan.
 
 
Lokasi Makam

Makam Syech Muhammad Syahruddin berada di Pandangan Kulon, Kec. Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.