Manuskrip Tarekat dari Abad ke-XVIII Milik Sultan Banten

 
Manuskrip Tarekat dari Abad ke-XVIII Milik Sultan Banten

LADUNI.ID - Berikut ini adalah halaman yang berisi catatan kepemilikan manuskrip kitab tentang sejarah hidup (biografi atau manaqib) Syaikh Ahmad al-Rifâ’î, salah satu wali sufi besar dunia Islam yang hidup di abad ke-XII M (w. 578 H/ 1182 M).

Catatan kepemilikan menunjukkan jika sang empunya manuskrip kitab tersebut adalah Sultan Abû al-Nashr Muhammad ‘Ârif Zain al-‘Âsyiqîn dari Kesultanan Banten (Sultan Arif Zainul Asyikin).

Manuskrip kitab “Biografi Syaikh Ahmad al-Rifâ’î” ini merupakan koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) di Jakarta dengan nomor kode (?). Teks kitab pada aslinya tidak memiliki judul. Kitab tersebut sendiri merupakan salah satu dari sekelompok teks kitab yang terkumpul dalam bundel naskah bernomor kode tersebut.

Dalam Sejarah Banten, disebutkan jika Sultan Arif Zainul Asyikin adalah sultan Banten ke-XII yang memerintah dalam rentang tahun 1753–1773 M dan bergelar “Pangeran Gusti”. Sultan Arif Zainul Asyikin merupakan putra dari sultan Banten ke-X, yaitu Sultan Muhammad Syifâ Zain al-‘Ârifîn (memerintah dalam rentang tahun 1733–1750 M).

Tertulis di sana dalam bahasa Arab:

ملكه من الله تعالى الخليفة من بعد الخليفة السلطان بن السلطان أبو النصر محمد عارف زين العاشقين القادري الرفاعي تلميذ سيدي الشريف موسى بن سيدي الشريف عبد الله القادري الرفاعي الحماوي دام الله في ملكه وعافيته والله بجمعنا في الدنيا والآخرة آمين 3 يا رب العالمين

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN