Mahasiswa IAIN Pontianak Ikuti Kuliah Umum al-Qur'an Bersama Quraish Shihab

 
Mahasiswa IAIN Pontianak Ikuti Kuliah Umum al-Qur'an Bersama Quraish Shihab

LADUNI.ID, JAKARTA - Mahasiswa PPL dari IAIN Pontianak, IAIN Bukit Tinggi dan IAIM Metro Lampung yang selurihnya berjumlah 40 orang 21 perempuan dan 19 laki-laki mengikuti Kuliah Umum bersama Prof. M. Quraish Shihab di Aula Pusat Studi Quran (PSQ) Yayasan Lentera Hati, Ciputat, Tanggerang Selatan.

Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan PPL yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Pontianak selama 15 hari di Pusat Studi al-Qur'an Jakarta. 

Mahasiswa PPL sudah tiba lebih awal di PSQ serta langsung memasuki Ruang perpustakaan sambil mnunggu perkuliahan dimulai. Karena perkuliahan dimulai pada pukul 10.00 pagi sampai 11.30 siang.

Pada perkuliahan kali ini, sehatinya mahasiswa yang PPL kali ini sangat beruntung karena bisa beetemu langsung dengan pak Quraish (panggilan akrab beliau).

Dalam perkuliahan ini Quraish tidak memulai dengan pengantar kata melainkan langsung masuk kepada sistem tanya jawab dengan para mahasiswa yang hadir. Tidak merasa asing lagi, para mahasiswa langsung bertanya dengan pertanyaan yang memang sudah di siapkan sebelumnya.

Di dalam proses tanya jawab yang berlangsung, ada beberapa poin penting yang di bahas oleh Pak Qurais berkenaan dengan pertanyaan-pertanyaan mahasiswa,  diantaranya ; Membumikan al-Quran, Refleksi ayat-ayat doa dalam al-Quran,  Kecenderugan Mufassir didalam menafsirkan Al-Quran, Kolerasi antara Al-Quran dengan tuntunan berbangsa dan bernegara. 

Pesan tersirat yang didapt oleh penulis dari uraian pak Qurais adalah "sebagai seorang akademisi dan bergelut dalam bidang ilmu al-Quran dan ilmu Agama kita harus terus belajar dan menambah wawasan. Temukan kebenaran karena benar, bukan karena orang lain yang dianggap benar."

"Al-Quran itu sangat luas dan dalam lautan ilmunya, oleh sebab itu teruslah selami ilmu al-Quran tersebut." ungkapnya 

Setelah perkuliahan selesai, seleuruh mahasiswa PPL melaksanakan foto bersama sebagai bentuk pengabadian momen bersama pak Quraish. (Anang Bustami)