Pesantren Darut Tauhid Injelan, Sampang

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Darut Tauhid Injelan, Sampang

Profil

Pondok pesantren Darut Tauhid Injelan didirikan tahun 1930 di atas lahan seluas 3 hektar tersebut, dulunya hanya sebuah madrasah perkampungan yang diasuh oleh (alm) KH Sholeh Faqih. ponpes ini berlokasi di Kampung Injelan, Desa Panggung, Kecamatan Kota Sampang, Pulau Madura.

Dua tahun setelah mendirikan sebuah masjid, pengasuh Ponpes Darut Tauhid kemudian menunjuk putranya, yakni (alm) KH Muhammad Munir dan (alm) KH Ma’mun Nawawi sebagai penggantinya. Praktis, kehadiran ponpes tersebut membawa perubahan positif yang signifikan bagi warga setempat. Sebab, mampu merubah prilaku warga setempat yang sebelumnya banyak menyimpang dari syariat Islam.

Setahun kemudian, KH Abd. Bari, yang tak lain putra KH Muhammad Munir yang mondok di Ponpes Tebu Ireng-Jombang mendapat tugas dari gurunya, yakni KH Hasyim Asy’ari. Oleh pendiri NU yang notabene kakek dari mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid tersebut, Abd. Bari diminta mengajar di madrasah Al-Itihad-Pamekasan. Selanjutnya, mengajar di madrasah Al-Ittihad Injelan-Sampang.

Beberapa tahun berselang, madrasah Al-Ittihad pun mengalami perkembangan cukup pesat. Buktinya pada tahun 1967, pengasuh memperlebar sayap pendidikan dan mendirikan Ponpes Mambaul Ulum Injelan. Selain madrasah salafiyah Syafi’iyah, juga didirikan madrasah tsanawiyah atau mu’alimin-mu’alimat.

Lalu pada tahun 1981, ada salah seorang ulama besar dari tanah suci Makkah yakni As Sayyid Al Habib Muhammad Alawi Al Maliki. Oleh guru besar pengasuh itulah, Ponpes Mambaul Ulum namanya dirubah menjadi Ponpes Darut Tauhid Injelan. Bahkan, lambang yang menjadi logo ponpes dibuat sendiri oleh As Sayyid Al Habib Muhammad Alawi Al Maliki.

Selanjutnya, pengasuh menyerahkan jalannya syiar keagamaan kepada putranya, yakni KH Abd. Muhaimin Abd. Bari. Di bawah asuhan Ketua PC NU Sampang ini, Ponpes Darut Tauhid terus mengalami kemajuan. Sistem pendidikan ponpes pun dibenahi seiring perkembangan jaman. Ponpes yang memiliki santri sekitar 1.100 tersebut kini memiliki lembaga pendidikan mulai MD, MI, MTs, dan MA.

Pengasuh

  1. KH Sholeh Faqih
  2. KH Muhammad Munir
  3. KH Ma’mun Nawawi
  4. KH Abd. Bari
  5. KH Abd. Muhaimin Abd. Bari

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. MI
  2. MTs
  3. MA

Pendidikan NonFormal

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakuriuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Paskibra
  13. Sepakbola
  14. Voli
  15. Basket
     


 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin
     


Alamat

Kampung Injelan, Desa Panggung, Kecamatan Kota Sampang, Pulau Madura


Telepon: (0323) 321722

Kode Pos: 69216

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.