Pesantren Cinta Rasul Kab. Bogor

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Cinta Rasul Kab. Bogor

Profil

Pondok Pesantren Cinta Rasul sendiri adalah salah satu pondok pesantren salafiyah plus yang terdapat di Kabupaten Bogor, tepatnya 10 km arah barat Kampus IPB (Institut Pertanian Bogor), Dramaga. Pondok ini menempati lokasi seluas 6.745 meter persegi di Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor.

Pengasuh Pesantren, KH. Abdul Basit Mahfuf mengatakan Pesantren Cinta Rasul berawal ketika orang tuanya, almarhum H Alimuddin Syah, diuji sakit setelah pulang dari Makkah pada tahun 2004. H Alimuddin lalu membangun masjid di atas tanah wakaf di Komplek Pondok Pesantren Cinta Rasul yang diharapkan dapat menjadi obat untuk penyakitnya. “Masjid ini kemudian diberi nama Masjid Jami’ An-Nuur agar dapat menjadi cahaya bagi umat manusia dan semesta alam,” kata Kiai Basit yang kini mengemban amanah Ketua RMINU Kabupaten Bogor.
 
Setelah selesai membangun masjid pada tahun 2004, tanpa menjelaskan apa pun kepada putra-putrinya, H Alimuddin membangun kembali dua lokal ruang belajar dan meminta Hj Hesti Aryani, S.Pd dan KH. Abdul Basit Mahfuf, anak pertama dan menantunya, untuk mengajar karena keduanya adalah lulusan IKIP Jakarta (sekarang UNJ). Sejak saat itu berdirilah sekolah TK-IT Cinta Rasul dan TPQ Cinta Rasul, serta dilanjutkan dengan mengadakan Majlis Ta’lim An-Nur (2005). Pada tahun 2006, berdirilah SMP-IT Cinta Rasul di lahan samping Masjid An-Nur.

Dengan perkembangan yang baik, lalu disusul berdirilah SMK Cinta Rasul pada tahun 2011. Pondok Pesantren Cinta Rasul merupakan Pondok Pesantren Salafiyah-Modern Beraqidah Ahlussunah Wal Jamaah an-Nahdliyah, dan dengan keilmuan dari Guru Bersanad. Di samping kegiatan Pelajaran Non Formal (mengaji kitab kuning dan hafalan al-Qur’an sesuai dengan target yang harus dicapai), santri Cinta Rasul juga wajib mengikuti Pelajaran Formal (Sekolah) sesuai dengan jenjangnya.

Sebagai gambaran, Pondok Pesantren Cinta Rasul menerapkan kurikulum ke-pesantren-an di antaranya adalah pengajian kitab kuning, mulai dari kitab Safinatunnajah, Jurumiyah, Hadits Arbain Nawawi, ‘Aqidatul ‘Awwam, Akhlaqul Banin aw Banat, Ta’limul Muta’allim, Hidayatush-Shibyan, Imrithi, Alfiyah, Fathul Qorib, Fathul Muin, dan lainnya.
 
Selain itu, Pondok Pesantren Cinta Rasul juga mewajibkan para santrinya untuk menghafal al-Qur’an sesuai dengan target pada tingkatannya masing-masing. Santri SMP wajib menghafalkan minimal Juz ‘Amma sebagai persyaratan mengikuti UN. Santri SMK wajib menyelesaikan hafalannya minimal sampai Khatam Binnadzhr 30 Juz dan menghafalkan Surat Pilihan (Al-Kahfi, Ar-Rahman, Al-Waqi’ah, AL-Mulk, dan Yasin).

Di luar Pendidikan Formal dan Non Formal, Pondok Pesantren Cinta Rasul juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Di antaranya adalah Marching Band, Futsal, Hadrah, Qiro’ah, dan yang lain. Kegiatan ekstrakulikuler ini diharapkan mampu mengembangakn kreativitas dan kecakapan santri dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi didukung oleh tersedianya fasilitas; Kantin, Koperasi, Toko Kitab, Laboratorium Bahasa, Umum dan Agama, Ruang UKS, Lapangan Olahraga multifungsi, Masjid Luas, dan yang lainnya.

Pendiri
H Alimuddin Syah

Pengasuh

  1. KH. Abdul Basit Mahfuf
  2. Hj Hesti Aryani, S.Pd

Pendidikan

Unit Pendidikan

  1. TK IT
  2. MI NU
  3. SMP
  4. SMK
  5. Pondok Pesantren

Ekstrakurikuler

Pesantren Cinta Rasul memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidzul Qur’an
2. Kajian Kitab kuning
3. Khitobah
4. Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
5. Seni Hadrah
6. Ziarah
7. Kursus Bahasa Arab
8. Kursus Bahasa Inggris
9. Pramuka
10. PMR
11. Paskibra
12. Sepakbola
13. Marching Band
14. Beladiri
15. Voli
16. Basket
17. Ketrampilan Hidup / Life Skill : Komputer kantor, TKJ, Menjahit mode

 


Hadrah di pesantren Cinta Rasul


Khotmil Qur'an di pesantren Cinta Rasul

Fasilitas

Pesantren Cinta Rasul memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium IPA
8. Laboratorium Bahasa
9. Ruang UKS
10. Kopontren
11. Dapur
12. Aula
13. Lapangan Olahraga multifungsi
14. Kantor
15. Kantin
16. Ruang Praktekum TKJ/ Otomotif
17. Ruang Praktekum Administrasi Perkantoran
18. Gedung BLKK Tata Busana
19. Toko Kitab
20. MCK
21. Sanitasi

 


Gedung Sekolah di pesantren Cinta Rasul


Gedung BLKK di pesantren Cinta Rasul

Alamat

Desa Cijujung, Cibungbulang, Kab. Bogor Jawa Barat
Kode Pos :  16630
Telepon    : 
0857-8145-9747, 0812-1661-7523



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.