Terungkap, Suku Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur

 
Terungkap, Suku Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur

LADUNI.ID, Jakarta - Desa Wajak adalah nama salah satu desa di daerah Tulungagung Jawa Timur. Desa ini terbagi atas Wajak Kidul dan Wajak Lor. Siapa sangka, desa ini ternyata menyimpan sejuta misteri, khususnya mengenai penghuninya yang pernah mendiami kawasan tersebut sekitar 500 ribu sampai satu juta tahun lalu.

Berdasarkan rilis GNFI, Desa Wajak diyakini sebagai timpat tinggal dan berkembangnya masyarakat Suku Wajak, yakni manusia purba jenis Homo Wajakensis. Bahkan, beberapa arkeolog dan pemerhati budaya meyakini bahwa Suku Wajak merupakan suku tertua yang ada di Indonesia. Hal ini dapat dilihat melalui adanya fosil-fosil manusia purba yang ditemukan di daerah tersebut, yang juga menunjukan eksistensi manusianya yang telah terjadi ratusan ribu hingga juta tahun lalu.

Selain itu, berdasarkan beberapa cerita yang tumbuh dan berkembang di masyarakat sekitar, Suku Wajak menghilang dari peredaran sekitar 20 ribu tahun lalu. Beberapa ahli lain menyampaikan bahwa masyarakat Suku Wajak hijrah ke Jepang, tepatnya di Pulau Ainu dan Pulau Jumono, usai terjadinya musibah letusan tiga gunung berapi di Indonesia yakni Gunung Toba, Gunung Dumpo, dan Gunung Krakatau yang mengakibatkan bencana Tsunami.

Bagi masyarakat Desa Wajak, yang mempercayai hadirnya suku tersebut, mengatakan bahwa Suku Wajak memiliki kehebatan yang berbeda dari suku-suku lain. Mereka, masyarakat Suku Wajak, berani mengarungi samudra hanya dengan menggunakan perahu sampan dari pohon besar yang dilubangi. Selain itu Suku Wajak dikenal sebagai suku orang-orang cerdas.

Kendati begitu, hingga saat ini belum ada runtutan sejarah yang jelas mengenai keberadaan Suku Wajak tersebut. Hal ini disebabkan, Suku Wajak menghilang secara misterius dan tidak diketahui keberadaannya. Kondisi demikian memunculkan banyak anggapan dan praduga serta mencuatnya cerita-cerita yang masih tidak diketahui kebenarannya.

Akan tetapi legenda mengenai hadirnya Suku Wajak sebagai suku leluhur di Desa Wajak masih menjadi sesuatu yang diyakini dan dipercayai oleh masyarakat setempat. Mereka pun memiliki kebanggaan tersendiri tatkala mengetahui bahwa suku nenek moyangnya merupakan suku tertua yang ada di Indonesia.