Bantu Pembudidaya Ikan di Giligenting, Pemkab Sumenep Serahkan Sertifikat Hak Tanah

 
Bantu Pembudidaya Ikan di Giligenting, Pemkab Sumenep Serahkan Sertifikat Hak Tanah

LADUNI.id, Sumenep - Melalui Dinas Perikanan Sumenep, ratusan masyarakat Kecamatan Giligenting yang memiliki usah budidaya ikan dapat sertifikat hak tanah (Sehat) dari pemerintah setempat. Pemberian sertifikat itu hasil kerjasama pemerintah dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi mengatakan, Program tersebut merupakan langkah kongkrit Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya pembudidaya ikan.

"Program Sehat adalah bentuk upaya konkrit Pemerintah dalam mendorong pemberdayaan masyarakat pembudidaya ikan, dalam menumbuhkembangkan usahanya terutama mengakses permodalan dari berbagai lembaga pembiayaan," katanya, Jum'at (13/12).

Saat ini, kata Fauzi banyak pembudidaya ikan yang kesulitan mengembangkan usahanya karena keterbatasan modal. Kendati memiliki modal terbatas, mereka kesulitan melakukan pinjaman modal pada pihak perbankan.

Kesulitan itu, kata Fauzi diakibatkan adanya persyaratan ketika hendak meminjam modal dari Perbankan. Yakni adanya agunan, sedangkan, mereka tidak memiliki apa-apa untuk dijadikan agunan.

"Selama ini, pembudidaya ikan yang belum memiliki sertifikat kepemilikan tanah tidak memiliki jaminan atau agunan, sehingga tidak bisa mendapat tambahan modal usaha dari lembaga pembiayaan (perbankan)," tambahnya.

Dengan adanya sertifikat atas hak tanah itu, Fauzi berharap, para nelayan dan pembudidaya ikan dapat mengembangkan usahanya. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka. Dengan sertifikat itu, mereka bisa menggunakannya sebagai jaminan ke lembaga keuangan untuk meminjam tambahan modal.

"Kepemilikan tanah dengan sertifikat ini harus berbanding lurus dengan produktivitas nelayan, baik hasil tangkapan maupun budidayanya, karena Kabupaten Sumenep memiliki potensi perikanan luar biasa yang perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," papar Wabup Achmad Fauzi.

Sertifikat itu diberikan oleh Pemkab Sumenep di Hotel C1 Sumenep, Jum'at (13/12). Penyerahan secara simbolis sertifikat itu kepada masyarakat Kecamatan Giligenting diserahkan oleb Wabup Sumenep, Ahmas Fauzi.

Wakil Bupati Achmad Fauzi di acara itu menyerahkan secara simbolis sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat pembudidaya ikan di Kecamatan Giligenting.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sumenep, Arif Rusdi, menambahkan, penerima Program Serifikat hak tanah tahun 2019 adalah masyarakat pembudidaya ikan yang tersebar di tiga desa di Kecamatan Giligenting sebanyak 200 orang.

"Sebanyak 200 penerima merupakan warga Kecamatan Giligenting dari Desa Banmaleng, Banbaru dan Desa Lombang. Mudah-mudahan program sehat bermanfaat bagi para pembudidaya ikan," kata Rusdi.