Indonesia Patut Bangga, Dua Planet Ini Diberi Nama dalam Bahasa Nias

 
Indonesia Patut Bangga, Dua Planet Ini Diberi Nama dalam Bahasa Nias

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam pemberian nama dari Bintang HD 117618 beserta planet yang mengitarinya yaitu HD 117618b, menggunakan bahasa milik suku Nias digunakan untuk nama dua benda luar angkasa tersebut.

Hal ini seperti dikutip Laduni.id dari laman insertlive.com, Jumat (20/12), bahwa dalam sebuah unggahan di media sosial Himpunan Astronomi Indonesia. Aku tersebut menjelaskan jika Indonesia mendapat amanah memberikan nama untuk sistem planet yang berada di rasi Centaurus.

"Nama bintang dan planet dari Indonesia telah diumumkan!!! Indonesia diamanahkan IAU untuk menamai bintang HD 117618 dan planet yang mengitarinya, yaitu HD 117618 b. Sistem keplanetan ini terletak di rasi Centaurus," demikian yang tertulis di akun Instagram HAI, Kamis (19/12) kemarin.

Indonesia boleh berbangga karena akhirnya Indonesia memilih kata Noifasui untuk planet HD 117618 b. Sedangkan bintang HD 117618 diberikan nama Dofida.

"Nama Noifasui untuk eksoplanet dan Dofida untuk bintang tersebut diambil dari bahasa Nias. Dofida berarti bintang kita sedangkan Noifasui dapat diartikan telah mengelilingi. Jadi, planet Noifasui telah dan akan terus mengelilingi bintang kita, Dofida," lanjut HAI.

Tentu hal ini mendapat banyak komentar dari para netizen. Hampir semua merasa bangga karena bahasa suku asli Indonesia digunakan untuk planet dan bintang baru.

"Wah.. selamat ya.. dan akhirnya bintang dan planetnya punya nama baru," tulis salah satu netizen.

"Selamat ya buat Indonesia-Nias,.Dofida dan Noifasui. Yaahowu," komentar netizen lainnya.

"Indonesia, khususnya nias sangata bangga. Sukses trus buat Indonesiaku...," sahut netizen yang lain.