Kasih Sayang Suami dan Anak untuk Kebahagiaan Ibu

 
Kasih Sayang Suami dan Anak untuk Kebahagiaan Ibu

LADUNI.ID, Jakarta - Seorang ibu tidak hanya berperan sebagai pengasuh terbaik bagi anak, tetapi juga menjadi istri yang memberikan kebutuhan untuk suami. Tentunya, dengan banyaknya peran ini bisa jadi cukup melelahkan bagi ibu.

Untuk menunjang kestabilan emosional seorang ibu, suami dan anak patutnya memberikan afeksi yang cukup pada ibu. Salah satunya pelukan. Lalu, apa saja manfaat pelukan bagi seorang ibu? Pelukan atau sentuhan memiliki manfaat yang tak terduga.

Seperti dilansir Laduni.id dari laman Kompas.com, Minggu (22/12), psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog menjelaskan bahwa, pelukan dipercaya bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan.

"Kenapa afeksi itu penting? Karena afeksi bisa memberikan kenyamanan kepada seseorang kalau diberikan secara tepat. Pelukan memang dipercaya bisa membuat ibu tenang dan nyaman," tutur Rena.

Dalam buku The 5 Love Languages yang ditulis oleh Dr. Gary Chapman, lima bentuk afeksi ini adalah:

  • - Words of Affirmation (perkataan)
  • - Acts of Service (tindakan)
  • - Receiving Gifts (hadiah)
  • - Quality Time (waktu)
  • - Physical Touch (sentuhan)

"Afeksi juga bisa meningkatkan bonding atau attachment antara ibu dengan suami, atau ibu dengan anak. Tetapi harus tepat, sehingga kita perlu tahu apa bahasa cinta pasangan dan anak," imbuhnya.

Melalui bahasa cinta yang tepat, maka pengungkapan bahasa cinta bisa lebih mudah diterima dan ditangkap oleh pasangan dan anak-anak, serta lebih mudah dirasakan.

Rena menegaskan pentingnya sebuah afeksi yang tumbuh dan berkembang dengan baik, karena hal ini dapat memengaruhi keharmonisan dalam sebuah keluarga. Tidak hanya antar suami dan istri, tetapi juga orang tua dan anak.

"Afeksi dari suami ke istri bisa meningkatkan perasaan disayang dan dicintai oleh suami, merasa diperhartikan, memperkuat hubungan suami-istri, menciptakan suasana nyaman, tenang dan rukun, merasa aman, percaya diri dengan hubungan, tidak selalu curiga, jadi akan menimbulkan perasaan bahagia dalam sebuah hubungan suami-istri," jelasnya.

Begitu juga dengan memiliki manfaat afeksi yang erat antara orang tua dan anak, khususnya ibu dan Si Kecil.

"Afeksi yang baik dengan anak dapat memunculkan bonding atau attachment yang kuat, sehingga terjalin kedekatan dengan anak. Anak dan ibu juga saling terbuka, saling berbagi, tidak berbohong atau sembunyi-sembunyi. Jadi, manfaatnya baik sekali untuk menciptakan kenyamanan dan keharmonisan keluarga," lanjut Rena.