Banser dan Umat Hindu Ikut Amankan Malam Natal di Ambon

 
Banser dan Umat Hindu Ikut Amankan Malam Natal di Ambon

Banser dan Pemuda Hindu ikut Amankan Gereja saat Malam Ibadah Natal di Ambon/Istimewa (Foto : Kompas.com / Rahmat Rahman Patty)


LADUNI.ID - Puluhan Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Ansor) Kota Ambon bersama sejumlah Umat Hindu ikut mengamankan ibadah Natal di Kota Ambon. Mereka mengamankan sejumlah gereja di kota tersebut, Selasa (24/12) malam.

Mereka ikut mengamankan ibadah natal di sejumlah gereja di kota itu bersama personel TNI dan Polri. Mereka ikut mengamankan sejumlah gereja besar di Ambon seperti Gereja Maranatha, Gereja Silo, dan Gereja Katedral Fransiskus Xaverius Ambon.

Mereka mulai menjaga keamanan saat umat Kristiani melaksanakan ibadah di gereja-gereja itu. Tidak hanya mengamankan, mereka juga ikut mengatur lalu lintas disekitar gereja saat umat kristiani mulai masuk gereja.

Pasca ibadah selesai, mereka juga menunjukkan keharmonisan antar sesama dengan menyalami jamaah dan mengucapkan selamat natal pada jamaah yang selesai melaksanakan ibadah natal tersebut.

Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ambon Abdul Kadir Mualo mengatakan, setidaknya ada 20 orang anggota Banser yang berpartisipasi dalam pengamanan malam natal di Gereja Silo. Selain di Gereja Silo, anggota banser juga dikerahkan menjaga kemanan di Gereja Maranatha dan gereja Katedral.

"Untuk malam ini kita kerahkan 20 anggota Banser, nanti besok kita juga akan jaga gereja-gereja saat ibadah natal," kata Abdul Kadir Mualo seperti dilansir dari Kompas.com.

Selain untuk menjaga keamanan bersama TNI dan Polri, keikut sertaan Banser menjaga sejumlah gereja itu sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. "Tahun-tahun kemarin kita juga lakukan hal yang sama, kita ingin agar nilai-nilai toleransi antar umat beragama di Maluku tetap terjaga," tambahnya.

Senada dengan Abdul Kadir Mualo, salah seorang pemuda Hindu yang ikut mengamankan malam Ibadah Natal, Wayan Supriyana mengatakan, keterlibatan mereka sebagai bentuk toleransi serta untuk memupuk tenggang rasa antar umat beragama di Maluku.

"Kita dari umat Hindu semua ada 12 orang yang mala mini ikut menjaga gereja, jadi ada tiga di gereja Silo, tiga di Gereja Maranatha, tiga di Gereja Katedral dan tiga lagi di Gereja Bintang Laut," katanya.

Untuk itu, dia berharap, keterlibatan pemuda Hindu dalam menjaga malam ibadah Natal di gereja dapat menjadi berkah bagi upaya seluruh umat beragama di daerah itu dalam membangun suasana persaudaraan di Maluku. "Kita ingin menunjukan bahwa toleransi di Maluku itu sangat indah," tambahnya.


 

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul : https://regional.kompas.com/read/2019/12/24/21020021/di-ambon-banser-dan-umat-hindu-ikut-jaga-gereja-saat-ibadah-natal?