Hotman Paris Ajak LBH Layangkan Gugatan Terkait Banjir di Jakarta

 
Hotman Paris Ajak LBH Layangkan Gugatan Terkait Banjir di Jakarta

LADUNI.ID, Jakarta - Terkait banjir yang terjadi di Jakarta, pengacara Hotman Paris Hutapea mengajak para Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk membuat gugatan melalui mekanisme class action. Menurutnya, kejadian banjir di Jakarta telah memenuhi syarat untuk masyarakat melakukan gugatan itu.

"Kepada seluruh LBH, lembaga bantuan hukum di Indonesia, kalau benar Anda LBH cepat ajukan gugatan class action. Kejadian banjir di Jakarta itu sudah mirip dengan gugatan-gugatan class action yang diajukan oleh masyarakat-masyarakat di negara Barat… Class action gugat ganti rugi atas seluruh kerugian masyarakat Jakarta,” ucap Hotman dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, @hotmanparisofficial, Sabtu (4/1) kemarin.

"Halo LBH, jangan dipake LBH hanya untuk loncatan karir. Karena Anda belum dapat pekerjaan. Salam Hotman Paris," pungkas Hotman.

Sementara itu, Tim Advokasi Banjir Jakarta 2020 mengajak masyarakat Jakarta untuk membuat gugatan terkait banjir pada pekan ini. Seperti dikutip Laduni.id dari laman Tempo.co, Minggu (5/1), mereka menilai banjir Jakarta kali ini diduga kuat akibat ketidakmampuan dan kelalaian Pemprov DKI Jakarta dalam pencegahan dan penanggulangan banjir.

Tak hanya merugikan secara materiil, banjir juga telah memakan korban jiwa. Tim advokasi mengajak warga dengan menyampaikan sejumlah data, seperti data diri, alamat, dan foto kerugian lalu dikirim melalui surat elektronik ke alamat banjirdki2020@gmail.com.

Sebelumnya, musibah banjir yang melanda Jakarta yang telah berlangsung dari 1 Januari 2020 itu terjadi akibat hujan deras dari malam pergantian tahun hingga esok sorenya. Beberapa kawasan di Jakarta dan sekitarnya pun sempat lumpuh.