Rahasia Nenek Sumiati Bisa Haji Meski Sudah Berusia 107 Tahun

 
Rahasia Nenek Sumiati Bisa Haji Meski Sudah Berusia 107 Tahun

LADUNI.ID, Surabaya - Masih ingat dengan nama Sumiati? Seorang nenek berusia 107 tahun dan warga asal Dusun Bakalan, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang ini sempat terkenal pada pertengahan tahun 2019 lalu.

Pasalnya, nenek Sumiati menjadi calon haji tertua di Embarkasi Surabaya, Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) 53, dan berangkat ke Tanah Suci pukul 15.00 WIB, Rabu (24/7/2019) lalu. Nenek dengan tiga anak dan empat cucu ini tidak menyangka bisa meraih impiannya untuk menunaikan ibadah haji.

Berdasarkan pengakuannya, nenek Sumiati sebenarnya sudah sejak lama ingin ke Tanah Suci, untuk menyempurnakan rukun Islam kelima itu. Ia rela menunggu lebih dari satu abad untuk menggapai cita-citanya berhaji.

"Alhamdulillah, doa saya terkabul. Saya setiap hari berdoa memohon agar diberi umur panjang, agar bisa berangkat haji. Alhamdulillah terkabul," terang Sumiati, di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, seperti dikutip Laduni.id dari laman medcom.id, Rabu (24/7/2019) lalu.

Kondisi fisik Sumiati tampak sehat. Meski usianya lebih dari satu abad, suaranya pun masih terdengar jelas. Demikian juga dengan penglihatan dan kaki Sumiati, masih normal tanpa menggunakan alat bantu.

"Saya sudah lama sekali ingin berangkat haji. Alhamdulillah, Allah memberi saya rejeki melalui anak-anak untuk biaya haji," tambahnya.

Rahasia Nenek Sumiati

Nenek Sumiati lantas berbagi rahasia sekaligus tips yang bisa menjadi kebiasaan hidupnya. Nenek kelahiran 1 Juni 1912 itu, juga mengaku rutin bangun pagi untuk solat tahajud pukul 03.00 WIB. Ia tekuni sejak usia 30 tahun. Bahkan, nenek Sumiati juga rutin menjalankan puasa Senin Kamis hingga saat ini.

"Alhamdulillah, setiap hari Senin-Kamis rutin puasa, setiap hari saya juga bangun pagi jam 03.00 WIB. Setelah itu sholat tahajud, sekalian nunggu shubuh. Setelah sholat shubuh, saya tidur lagi sebentar," katanya.

Nenek Sumiati yang tampak sehat itu memberi tips supaya tetap bugar dan tidak gampag sakit, yakni, selalu makan sayuran dan minum air putih. "Saya makannya sayuran dari hasil kebun sendiri, dan minumnya selalu air putih. Alhamdulillah selama ini saya hampir tidak pernah sakit," tambahnya.

Ibu dari 3 anak ini menambahkan resep hidupnya hingga dapat menjalani hingga usia senja masih tetap dalam keadaan bugar. Resepnya, kata dia, sabar, ikhlas dalam menjalani hidup serta rajin berdoa. "Kuncinya ya itu, selalu sabar, ikhlas, dan rajin berdoa," ujarnya.

"Semoga ibadah ini lancar dan diberikan kesehatan. Saya juga ingin berdoa di sana untuk almarhum suami. Kemudian doakan anak-anak dan cucu semuanya menjadi soleh solehah dan diberikan kesehatan selalu," ungkap nenek Sumiati.