Usai Garap Bandara Ngloram, Blora Bakal Punya Sekolah Penerbangan

 
Usai Garap Bandara Ngloram, Blora Bakal Punya Sekolah Penerbangan

LADUNI.ID, Blora - Usai penggarapan proyek Bandar Udara (Bandara) Ngloram di Desa Ngloram Kecamatan Cepu, Blora, pemerintah setempat juga akan mendirikan sekolah penerbangan. Ide pendirian sekolah penerbangan sendiri diungkapkan oleh Menteri Sekretariat Negara, Pratikno.

"Sebenarnya gambaran ke depan ide dari pak Mensesneg di sini juga akan dibangun sekolah penerbangan kalau dimungkinkan, nanti kita selain untuk kepentingan penerbangan, kita juga inginnya ada sekolah penerbangan di Cepu sini," terang Wakil Bupati Blora Arif Rochman kepada wartawan di Bandara Nglora, Sabtu (11/1) lalu.

Runway atau landasan pacu Bandara Ngloram telah dinyatakan lolos uji setelah kemarin dilakukan test flight oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti yang menggunakan pesawat King Air 200 GT.

"Kami datang kemari untuk sekaligus melakukan test flight bandara Ngloram. Runway mulus, dan layak. Namun memang ada fasilitas penunjang yang harus dibangun," terang Polana saat pendaratan perdana, kemarin.

Adapun rencana pendirian sekolah penerbangan tersebut, lanjut Arif, memerlukan sejumlah perencanaan lagi yang lebih matang. Sebab saat ini baru akan difokuskan pengerjaan untuk pembangunan bandara.

"Itu adalah gambaran ke depannya. Tahun ini kita rampungkan terlebih dahulu soal pembangunan Bandara Ngloramnya, ada terminal dan akses masuknya sini akan dibangun terlebih dahulu," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan saat ini tengah menggarap proyek bandar udara Ngloram yang berada di Desa Ngloram Kecamatan Cepu, Blora.