Dampingi Siswa Bermasalah, Lakpesdam NU Jaktim Gandeng IPNU Buat Program Konseling Center Pelajar

 
Dampingi Siswa Bermasalah, Lakpesdam NU Jaktim Gandeng IPNU Buat Program Konseling Center Pelajar

Penandatangan Program Konseling Center Pelajar Lakpesdam NU Jaktim dan IPNU Jaktim di Ponpes Nurul Ilmi Pondok Ranggon Cipayung (Foto: NU Jaktim)

LADUNI.ID, Jakarta - Menyikapi prilaku pelajar di Jakarta Timur, sudah mulai menghawatirkan. Beberapa hari Lalu, (14/1/2020) terjadi Kasus siswi SMP yang melompat dari lantai 4, yang berakibat nyawanya tidak dapat di tolong lagi. Ditinjau dari aspek psikologis bahwa remaja tersebut sangat kurang mendapat perhatian dari orang dewasa dan teman sebaya nya, untuk curhat dan mendapatkan konseling. 

Demikian dikatakan Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdatul Ulama (Lakpesdam NU) Jakarta Timur, H Samsudin pada acara pelantikan pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Administrasi Jakarta Timur masa khidmat 2019-2021 di Pondok Pesantren Nurul Ilmi, Pondok Ranggon, Cipayung Jakarta Timur, Sabtu (25/1/20).

Menurut Samsudin upaya konseling dan mendengarkan keluh kesah siswa dalam mengungkapkan persoalannya merupakan pendekatan terbaik. Pendekatan tersebut, terang Samsudin, agar siswa terhindar dari perbuatan yang tak di inginkan. Yakni bunuh diri.

"Sehingga mengambil jalan pintas, seperti mengakhiri kehidupan tak terjadi lagi," tuturnya.

Ia pun berharap, IPNU Jaktim dapat menjadi konselor bagi remaja yang masih sekolah.

"Yang tujuan nya secara organisasi NU ingin lebih dekat dengan kalangan pelajar, untuk mendapatkan curhatnya, dan keluh kesahnya," terang dia.

Dengan pendekatan sebaya, lanjut dia, IPNU diharapkan dapat membantu pelajar dalam mengatasi persoalannya.

"Dengan pendekatan keagamaan dan temen sebaya. sehingga kasus-kasus yang tak di inginkan tidak terjadi lagi," harap dia.

Sebelumnya, 'Awan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jaktim, Makinudin berharap IPNU Jaktim dapat bekerjasama dengan pihak sekolah.

"IPNU mesti dapat menjadi pendamping remaja, yang sedang tumbuh dewasa, terutama anak-anak sekolah umum maupun sekolah madrasah," kata Makinudin disela sambutan mewakili Ketua PCNU Jaktim yang berhalangan hadir dalam acara pelantikan pengurus IPNU Jaktim.

Lebih lanjut kata dia, IPNU harus terdepan dalam melakukan pendampingan bimbingan rohani. "IPNU harus cekatan, kreatif," tandas dia.

Untuk diketahui, dalam menyikapi persoalan itu, Lakpesdam NU Jaktim membuat Program Konseling Center Pelajar. Maka Lakpesdam NU Jaktim menggandeng IPNU Jaktim melakukan kerjasama ditanda tangani ketua Lakpesdam NU Jaktim, H Samsudin, dan ketua IPNU Jakarta Timur, Guntur Fazzurahman disaksikan PCNU Jaktim dan pengurus IPNU Jaktim masa khidmat 2019-2021 yang baru dilantik. (sry/syd)