Pesantren Al Ghuroba’ Kudus

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD3 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al Ghuroba’ Kudus

Profil

Pondok Pesantren Tahfidz Alghurobaa’ terletak di Jalan Megawon, Desa Tumpangkrasak RT. 01 RW. 07, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Pesantren ini dirintis oleh Romo KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz pada tahun 1980-an, beberapa hari setelah boyong dari nyantri kepada KH. Muhammad Arwani Amin Al-Hafidz.

Sejarah berdirinya bermula dari majelis ta`lim yang kemudian berkembang menjadi pesantren karena banyaknya santri yang datang untuk mengaji atau menimba ilmu. Penggunaan nama Alghurobaa’ dimaksudkan agar para santri nantinya menjadi anggota masyarakat yang tidak mudah terkena arus, tahan uji dan siap menghadapi hidup di tengah masyarakat.

Pesantren yang diresmikan sejak tahun 1995 ini memiliki fasilitas beberapa unit gedung sebagai kelas, kamar tidur santri, sarana mandi, cuci dan kakus (MCK), dapur serta koperasi santri, yang berdiri di areal tanah seluas 1500 m2. Alhamdulillah telah tersebar ratusan alumni  yang berasal dari Pulau Jawa sendiri bahkan dari luar Pulau Jawa.

Selain belajar di pesantren, para santri juga ada yang masih menempuh pendidikan formal baik di madrasah, sekolah umum maupun perguruan tinggi. Spesifikasi keilmuan pesantren ini adalah tahfidz (menghafal) al-Qur’an yang merupakan basis keilmuan pengasuhnya. Pengajaran dilakukan secara bertahap dan dimulai dari dasar yang meliputi pembinaan 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.