Pesantren Al Ghuroba’ Kudus

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al Ghuroba’ Kudus

Profil

Pondok Pesantren Tahfidz Alghurobaa’ terletak di Jalan Megawon, Desa Tumpangkrasak RT. 01 RW. 07, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Pesantren ini dirintis oleh Romo KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz pada tahun 1980-an, beberapa hari setelah boyong dari nyantri kepada KH. Muhammad Arwani Amin Al-Hafidz.

Sejarah berdirinya bermula dari majelis ta`lim yang kemudian berkembang menjadi pesantren karena banyaknya santri yang datang untuk mengaji atau menimba ilmu. Penggunaan nama Alghurobaa’ dimaksudkan agar para santri nantinya menjadi anggota masyarakat yang tidak mudah terkena arus, tahan uji dan siap menghadapi hidup di tengah masyarakat.

Pesantren yang diresmikan sejak tahun 1995 ini memiliki fasilitas beberapa unit gedung sebagai kelas, kamar tidur santri, sarana mandi, cuci dan kakus (MCK), dapur serta koperasi santri, yang berdiri di areal tanah seluas 1500 m2. Alhamdulillah telah tersebar ratusan alumni  yang berasal dari Pulau Jawa sendiri bahkan dari luar Pulau Jawa.

Selain belajar di pesantren, para santri juga ada yang masih menempuh pendidikan formal baik di madrasah, sekolah umum maupun perguruan tinggi. Spesifikasi keilmuan pesantren ini adalah tahfidz (menghafal) al-Qur’an yang merupakan basis keilmuan pengasuhnya. Pengajaran dilakukan secara bertahap dan dimulai dari dasar yang meliputi pembinaan al-makhraj serta cara membaca al-Qur’an sesuai al-tajwid dengan al-tartil.

Pesantren ini juga mengajarkan kitab salaf yang ditempatkan di masjid, dengan harapan agar masyarakat sekitar dapat mengikutinya bersama para santri, sekaligus sebagai upaya meramaikan masjid.

Pengasuh

  1. Romo KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz

Pendidikan

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah Awaliyah, Wustho dan Ula

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Kitab Kuning
  3. Bahtsu Masa'il
  4. Pidato
  5. Seni Kaligrafi
  6. Seni Hadroh
  7. Seni Tilawah Qur'an
  8. Khitobiyah
  9. Pembacan Maulid & Sholawat
  10. Jam'iyyah Santri
     


 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7. Dapur
  8. Aula
  9. Ruang Tamu
     


 



Alamat

Jl. Pesantren, Desa Tumpangkrasak RT. 01 RW. 07, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Kode Pos: 59349

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Maria Fidiasri W

    Senin, 17 Pebruari, 2020

    Assalamu'alaikum. Ngapunten......santri putri mondok teng mriki pareng disambi kuliah nopo mboten? Larene skalian badhe lanjutaken hafalan.

  • Maria Fidiasri W

    Minggu, 12 April, 2020

    Assalamu'alaikum. Ngapunten....badhe nderek tangklet. Syarat Pendaftaran untuk santri baru nopo mawon? Administrasinya berapa?