PCNU Lamongan Keluarkan Arahan tentang Cara Berjamaah Saat Dilanda Corona

 
PCNU Lamongan Keluarkan Arahan tentang Cara Berjamaah Saat Dilanda Corona

LADUNI.ID, Lamongan - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lamongan, Jawa Timur mengeluarkan protokol tata cara menjalani ibadah terutama tentang shalat berjamaah saat dunia sedang dilanda pandemi virus corona atau Covid-19.  Protokol itu dikeluarkan berdasarkan Surat edaran Tausiah PCNU Lamongan Nomor 324/PC/AII/L-15/IV/2020.

Protokol ini sekaligus merupakan arahan kepada segenap warga NU di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur untuk lebih mudah dalam menjalani ibadah kala pandemi Corona COVID-19 melanda. Selain itu, surat ini juga merupakan tanggapan atas nota kesepakatan antara Pemerintah Daerah Lamongan beserta sejumlah organisasi agama dan pemerintah setempat.

Menurut Ketua PCNU Lamongan, Supandi Waluddin, sesuai kesepakatan bersama antara Bupati Lamongan Fadeli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan sejumlah tokoh agam di Polres Lamongan pada 2 April 2020 kalau pelaksanaan salat Jumat dan salat Maktubah masih dapat dilaksanakan berjamaan di masjid. Namun, pelaksanaannya harus ikuti protokol dari pencegahan COVID-19.

"Tetap jalan. Intinya pelaksanaan salat Jumat dan lima waktu dipersilahkan dengan ikuti protokol pencegahan COVID-19. Protokol harus ditaati. Selama ini belum zona merah,” terang Supandi sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman Liputan6.com, Jumat (3/4) lalu.

Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lamongan, Edwyn Anedi juga menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Jumat secara berjamaan masih dilakukan. Akan tetapi, tetap memakai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

"Prinsipnya jangan sampai ada penularan COVID-19,” ujar dia.

Edwyn juga menuturkan, kesepakatan soal teknis maklumat bersama Pemerintah Kabupaten Lamongan, Forkopimda, dan sejumlah tokoh agama dan seruan NU juga tidak bertentangan.  Ia mengingatkan agar pelaksanaan salat Jumat juga harus ikuti protokol pencegahan COVID-19.

Adapun Isi Seruan PCNU Lamongan tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Menerima dan mendukung kesepakatan bersama tentang Teknis Pelaksanaan Maklumat bersama Kabupaten Lamongan dan Tokoh Agama se-Kabupaten Lamongan.

2. Untuk pelaksanaan salat Jumat pada tanggal 3 April 2020 dan Jamaah salat Maktubah (salat wajib) tetap dilaksanakan sebagaimana biasa dan selanjutnya melihat situasi dan kondisi dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

3. Diimbau kepada seluruh warga NU untuk memperbanyak istighfar, membaca sholawat dan aurod sesuai dengan ijazah para masyayih NU.

4. Kepada masyarakat agar mematuhi kebijakan pemerintah dalam mengendalikan COVID-19 demi tercapai kemaslahatan bersama.