Melawan Wabah Penyakit Dengan Menjaga Jarak

 
Melawan Wabah Penyakit Dengan Menjaga Jarak

LADUNI.ID, Jakarta - Pembatasan sosial (social distancing) atau menjaga jarak adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Cara ini pernah diterapkan di masa Sahabat, ketika Amr bin Ash menjadi Gubernur Syam di masa Sayidina Umar. Sempat ditentang oleh Sahabat lain, namun ternyata berhasil. Berikut riwayatnya:

ﻟَﻤَّﺎ اﺷْﺘَﻌَﻞَ اﻟْﻮَﺟَﻊُ، ﻗَﺎﻡَ ﺃَﺑُﻮ ﻋُﺒَﻴْﺪَﺓَ ﺑْﻦُ اﻟْﺠَﺮَّاﺡِ ﻓِﻲ اﻟﻨَّﺎﺱِ ﺧَﻄِﻴﺒًﺎ، ﻓَﻘَﺎﻝَ: " ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟﻨَّﺎﺱُ: ﺇِﻥَّ ﻫَﺬَا اﻟْﻮَﺟَﻊَ ﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﺩَﻋْﻮَﺓُ ﻧَﺒِﻴِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣَﻮْﺕُ اﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﺇِﻥَّ ﺃَﺑَﺎ ﻋُﺒَﻴْﺪَﺓَ ﻳَﺴْﺄَﻝُ اﻟﻠﻪَ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺴِﻢَ ﻟَﻪُ ﻣِﻨْﻪُ ﺣَﻈَّﻪُ ". ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﻄُﻌِﻦَ ﻓَﻤَﺎﺕَ ﺭَﺣِﻤَﻪُ اﻟﻠﻪُ

Ketika wabah penyakit merebak (di Syam) maka Abu Ubaidah bin Jarrah (Gubernur Syam) berpidato di hadapan manusia: "Wahai manusia, wabah penyakit ini adalah rahmat dari Tuhan kalian, doa Nabi kalian dan kematian orang-orang Soleh sebelum kalian. Dan sungguh saya meminta kepada Allah untuk mendapat bagian dari wabah ini". Abu Ubaidah terjangkit penyakit dan wafat. Semoga Allah memberi rahmat padanya.

ﻭَاﺳْﺘُﺨْﻠِﻒَ ﻋَﻠَﻰ اﻟﻨَّﺎﺱِ ﻣُﻌَﺎﺫُ ﺑْﻦُ ﺟَﺒَﻞٍ، ﻓَﻘَﺎﻡَ ﺧَﻄِﻴﺒًﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻓَﻘَﺎﻝَ: " ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟﻨَّﺎﺱُ ﺇِﻥَّ ﻫَﺬَا اﻟْﻮَﺟَﻊَ ﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﺩَﻋْﻮَﺓُ ﻧَﺒِﻴِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣَﻮْﺕُ اﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﺇِﻥَّ ﻣُﻌَﺎﺫًا ﻳَﺴْﺄَﻝُ اﻟﻠﻪَ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺴِﻢَ ﻵِﻝِ ﻣُﻌَﺎﺫٍ ﻣِﻨْﻪُ ﺣَﻈَّﻪُ ". ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﻄُﻌِﻦَ اﺑْﻨُﻪُ ﻋَﺒْﺪُ اﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦُ ﻣُﻌَﺎﺫٍ، ﻓَﻤَﺎﺕَ

Abu Ubaidah diganti oleh Mu'adz bin Jabal. Ia berorasi: "Wahai manusia, wabah penyakit ini adalah rahmat dari Tuhan kalian, doa Nabi kalian dan kematian orang-orang Soleh sebelum kalian. Dan sungguh saya meminta kepada Allah untuk mendapat bagian dari wabah ini bagi keluargaku". Abdurrahman, putra Mu'adz terkena wabah ini dan wafat.

ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻡَ ﻓَﺪَﻋَﺎ ﺭَﺑَّﻪُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ، ﻓَﻄُﻌِﻦَ ﻓِﻲ ﺭَاﺣَﺘِﻪِ

Mu'adz berdiri kemudian berdoa kepada Allah untuk dirinya sendiri (agar terkena penyakit wabah). Ia pun terjangkiti saat rehat

ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻣَﺎﺕَ اﺳْﺘُﺨْﻠِﻒَ ﻋَﻠَﻰ اﻟﻨَّﺎﺱِ ﻋَﻤْﺮُﻭ ﺑْﻦُ اﻟْﻌَﺎﺹِ، ﻓَﻘَﺎﻡَ ﻓِﻴﻨَﺎ ﺧَﻄِﻴﺒًﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ: " ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟﻨَّﺎﺱُ ﺇِﻥَّ ﻫَﺬَا اﻟْﻮَﺟَﻊَ ﺇِﺫَا ﻭَﻗَﻊَ ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﻳَﺸْﺘَﻌِﻞُ اﺷﺘﻌﺎﻝ اﻟﻨَّﺎﺭِ، ﻓَﺘَﺠَﺒَّﻠُﻮا ﻣِﻨْﻪُ ﻓِﻲ اﻟْﺠِﺒَﺎﻝِ ".

Setelah Mu'adz wafat maka diganti oleh Amr bin Ash. Ia kemudian berkhutbah: "Wahai manusia. Penyakit ini jika terjadi sama seperti berkobar-kobarnya api. Maka menjauhlah kalian ke gunung-gunung"

ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻪُ ﺃَﺑُﻮ ﻭَاﺛِﻠَﺔَ اﻟْﻬُﺬَﻟِﻲُّ: " ﻛَﺬَﺑْﺖَ ﻭَاﻟﻠﻪِ، ﻟَﻘَﺪْ ﺻَﺤِﺒْﺖُ ﺭَﺳُﻮﻝَ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺷَﺮٌّ ﻣِﻦْ ﺣِﻤَﺎﺭِﻱ ﻫَﺬَا ". ﻗَﺎﻝَ: " ﻭَاﻟﻠﻪِ ﻣَﺎ ﺃَﺭُﺩُّ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻣَﺎ ﺗَﻘُﻮﻝُ "

Amr ditentang oleh Abu Watsilah Al-Hudzali, ia berkata: "Demi Allah, kau pendusta. Sungguh aku telah bersahabat dengan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Kau lebih buruk dari pada keledaiku ini!". Amr menjawab: "Demi Allah. Aku tidak menolak perkataanmu"

ﺛُﻢَّ ﺧَﺮَﺝَ ﻭَﺧَﺮَﺝَ اﻟﻨَّﺎﺱُ ﻓَﺘَﻔَﺮَّﻗُﻮا ﻋَﻨْﻪُ ﻭَﺩَﻓَﻌَﻪُ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ.

Amr pergi dan orang-orang pun pergi. Mereka berpencar-pencar. Dan Allah menjauhkan penyakit itu dari mereka

ﻓَﺒَﻠَﻎَ ﺫَﻟِﻚَ ﻋُﻤَﺮَ ﺑْﻦَ اﻟْﺨَﻄَّﺎﺏِ ﻣِﻦْ ﺭَﺃْﻱِ ﻋَﻤْﺮٍﻭ ﻓَﻮَاﻟﻠﻪِ ﻣَﺎ ﻛَﺮِﻫَﻪُ

Kabar itu sampai kepada Umar bin Khattab (selaku Amirul Mukminin, pemimpin umat Islam). Demi Allah, Umar tidak membencinya (Musnad Ahmad No. 1697)

Oleh: Ustadz Ma'ruf Khozin
_______________________________________________________________-
Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari