Konsultasi Psikologi: Aku Takut Gagal Bicara di Depan Mertua

 
Konsultasi Psikologi: Aku Takut Gagal Bicara di Depan Mertua

Assalamu’alaikum wr wb

Saya mau minta saran, Pak. Saat ini saya dan istri saya bersama anak kami yang masih balita mengontrak rumah di dekat rumah mertua. Berhubung dengan kondisi wabah corona ini, saya sudah ga bisa bayar kontrakan. Selama ini saya wiraswasta. Usaha saya jatuh. Rencananya saya ingin mengajak istri tinggal di rumah orang tua saya, untuk mengurangi beban biaya. Masalahnya, saya khawatir tidak akan diijinkan oleh mertua saya. Saya juga khawatir kalau istri saya tidak mau mengikuti saya. Apa yang harus saya lakukan ya Pak? Terima kasih banyak.

Wa’alaikumsalam wr wb

KP

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih sudah berkenan berbagi dengan kami. Pandemi Covid-19 ini memang berdampak kepada hampir semua sendi kehidupan kita. Pandemi ini memang merupakan suatu masalah tersendiri yang kemudian diikuti masalah-masalah berikutnya. Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah kita mesti bisa mempersiapkan diri kita agar tidak mengalami masalah-masalah selain masalah utama yang kita miliki saat ini.

Permasalahan utama yang Bapak alami saat ini adalah masalah ekonomi, lebih khususnya lagi masalah biaya kontrakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda sudah berencana untuk tinggal sementara di rumah orang tua agar tidak perlu mengeluarkan biaya kontrakan. Sebenarnya ini alternatif solusi yang baik. Namun ternyata solusi ini, menurut Bapak akan memunculkan masalah baru, yaitu kemungkinan terjadinya konflik dengan mertua dan istri. Seperti yang saya sampaiakan di atas, bahwa kita mesti mempersiapkan diri agar terbebas dari masalah-masalah utama kita.

Sebelum Anda meminta ijin kepada mertua bahwa Anda akan tinggal di rumah orang tua, Anda perlu mempersiapkan kondisi psikologis dan memberikan pemahaman ke istri tentang hak dan kewajiban istri kepada suami. Anda bisa sampaikan bahwa ketika sudah menikah, maka yang paling berhak atas seorang istri adalah suaminya. Maka dari segi agama selama suami memerintahkan hal yang tidak bertentangan dengan agama maka istri wajib menaatinya. Ini penting, agar istri juga ketika pindah sudah merasa lega dan tidak ada ganjalan.

Terkait dengan mertua, yang paling baik, Anda sendiri yang menyampaikan. Namun, jika Anda khawatir justru akan terjadi hal yang tidak diinginkan ketika Anda sendiri yang bicara langsung, Anda bisa meminta pihak ketiga dalam hal ini mungkin keluarga dari mertua yang disegani. Anda bisa minta tolong ditemani beliau ketika Anda ijin ke mertua atau Anda bisa minta beliau yang menyampaikan ke mertua bersama Anda. Pihak ketiga ini diperlukan untuk membuat suasana lebih nyaman antara Anda dan mertua. Hal itu diperlukan jika menurut Anda tinggal di rumah mertua tidak memungkinkan. Namun, jika memungkinkan untuk tinggal bersama mertua, saya pikir itu lebih baik dan berpotensi mengurangi masalah yang baru.

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan, jika opsi untuk tinggal bersama orang tua yang Anda pilij, sampaikan kepada mertua bahwa ini hanya sementara. Sambil menunggu wabah ini usai dan kondisi ekonomi rumah tangga Anda membaik. Setelah semua kondisi stabil, Anda sampaikan akan mencari kontrakan di deket rumah mertua kembali.

Terakhir, jangan lupa Anda sambil terus berdoa untuk istri dan mertua agar dimudahkan untuk menerima semua perkataan yang akan Anda sampaikan dan semua masalah Anda selesai. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi, Psi

(Dosen Universitas Gunadarma – Instagram @fakhrurrozi)