Melestarikan Bumi: Tugasku, Tugasmu dan Tugas Kita

 
Melestarikan Bumi: Tugasku, Tugasmu dan Tugas Kita

LADUNI.ID, Jakarta - Masalah lingkungan hidup di hari bumi saat ini banyak menuai perhatian, karena bumi dari hari ke hari semakin rusak. Kita tahu bahwa manusia hidup berdampingan dengan bumk. Bumi memberikan berbagai kehidupan bagi manusia sampai sekarang dan akan datang.

Sayangnya, dengan pesatnya kemajuan zaman, tidak sebanding dengan pelestarian bumi yang dilakukan. Tidak usah melihat hutan atau laut yang terlalu jauh, kita bisa mengamati lingkungan sekeliling rumah atau tempat tinggal kita.

Amati bagaimana keadaannya?.

Apakah masih terjaga atau sudah rusak?.

Mungkin tidak banyak yang mendapati lingkungannya masih terjaga dengan baik, kebanyakan kondisinya amat memprihatinkan.

Mengapa bisa terjadi?.

Mungkin manusia sudah terlalu fokus pada diri masing-masing dalam mengejar gemerlapnya dunia sehingga lupa dengan bumi.

Hutan-hutan yang memberikan oksigen dari hari-kehari semakin sedikit, air laut dan air sungai kini telah tercemar, begitu pula tanah ikut tercemar oleh zat-zat kimia yang berbahaya.

Lapisan ozon semakin menipis dan masih banyak lagi masalah lainnya. Semua ini berakibat fatal bagi keberlangsungan hidup kita dan seluruh makhluk hidup lainnya di muka bumi.

Kita sering mendengar, telah terjadi bencana alam berupa banjir, kebakaran, kekeringan dan tanah longsor. Padahal penyebabnya bukan semata-mata karena alam melainkan karena perbuatan manusia.

Lain halnya jika kita menyebut bencana alam itu terjadi secara alami di dalam bumi. Mungkin itu yang benar-benar disebut sebagai bencana alam.

Misalnya bencana alam geologis, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan lain-lain.

Bisa dikatakan bencana alam bukan seratus persen disebabkan oleh bumi. Melainkan juga karena perbuatan manusia dan pengaruh secara alami.

Bumi yang terjaga dan terpilihara dengan baik tidak akan menimbulkan bencana. Justru memberi berjuta manfaat bagi semua  makhluk yang hidup berdamping dengannya termasuk manusia.

Maka dihari  bumi perlu kita jadikan refleksi bahwa menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga, merawat dan melestarikannya.

Janganlah saling merugikan, cintailah bumi untuk generasi penerus kita. Jangan sampai generasi penerus kita tidak bisa melihat pohon hijau yang rindang dan asri dan binatang binatang di masa depan nanti.

Sekali lagi, perlakukanlah bumi dengan baik selagi kita masih menerima manfaatnya yang tak terhingga. Mulai saat ini dan nanti, jagalah bumi dan lingkungan sekitar kita.

Karena tanggungjawan menjaga den merawat bumi bukan hanya tugas pemerintah. Tapi tugasku, tugasmu dan tugas kita semua.

_________
Sutanti Idris, S.E.
(Owner Khayra_Convention & Kader PMII Makassar)