Pohon Kurma Ajwa Berbuah Ditawar 150 Juta

 
Pohon Kurma Ajwa Berbuah Ditawar 150 Juta

LADUNI.ID, SUMENEP - Keberadaan pohon kurma yang bisa berbuah di halaman Rumah Bairi, Desa Mandala, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, benar-benar membawa keberuntungan kepada keluarganya. Sebab, pohon Kurma tersebut telah di tawar 150 juta. 

Taiyidin, metua dari Bairi menceritakan, orang yang mau membeli pohon kurma tersebut membawa puluhan juta uang untuk membelinya. Tetapi, ia tidak ada ada niatan sama sekali untuk menjualnya. 

"Kami tidak ingin menjualnya. Karena sesuai dawuh kiai, pohon kurma tersebut tidak boleh dijual kepada siapapun dan seharga berapapun. Makanya, kami tidak akan menjualnya," terangnya.

Dia mejelaskan, pohon kurma tersebut tanpa sengaja ditanam beberapa tahun lalu saat dirinnya bertamu kepada tetangganya yang baru pulang haji dan dikasih buah kurma. Nah, bijinya dilempar ke halaman rumah.

“Insya Allah, kami  tidak akan menjual karena kurma ini tanpa sengaja di tanam sama saya saat ada orang haji dulu. Saya main terus dikasih kurma saya bawa pulang,” kata Tayyidin (60).

Ketika berbuah sejumlah warga hampir setiap hari datang untuk melihat dan membeli buahnya, tapi warga yang datang tidak diijinkan mengambil atau memetik sendiri buah kurma tersebut.

Kini pohon kurma sudah berusia sekitar 6 tahun. Sedangkan berbuah lebat sejak 3 tahun, terutama ketika musim kemarau. "Semoga kedepan akan makin lebat," jelasnya. (*)