Perbaiki Hidup dengan Berbaik Sangka

 
Perbaiki Hidup dengan Berbaik Sangka

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagai mahluk sosial dalam menjalani kehidupan pasti membutuhkan orang lain. Tidak Ada yang dapat hidup sendirian. Tetap membutuhkan orang lain dalam setiap kesempatan.

Agama Islam selalu mengajarkan menjaga hubungan baik dengan sesamanya, yang akrab disebut hablumminannas. Salah satu sikap yang diajarkan ialah sikap berbaik sangka.

Tidak jarang kita mendengar cerita tentang seseorang, bisa jadi itu saudara, teman, tetangga dan yang lainnya. Yang isinya berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

Dari berita-berita itu kemudian kita berburuk sangka tentang orang yang sedang dibicarakan. Lalu, mengira berita miring itu benar adanya dan enggan melakukan tabayyun (klarifikasi) terlebih dahulu.

Jika kita mendengar hal-hal yang buruk terhadap saudara sesama muslim sebaiknya kita tabayyun (pengecekan) terlebih dahulu sebelum mempercayai, apalagi meresponnya secara negatif.

 Allah SWT, berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (QS. Al-Hujurat Ayat 6).

Setiap orang pasti memiliki ujian dalam hidupnya, kita sebaiknya tidak mencampurinya apa lagi berburuk sangka terhadapnya, sebab setiap orang paham mau bersikap dan berbuat seperti apa untuk melewati ujiaannya.

Dengan berburuk sangka terhadap orang lain bisa saja mendatangkan ketidakbaikan dalam kehidupan kita sendiri.

Berbaik sangkalah kepada semua orang, kepada kehidupan dan apalagi dengan Allah SWT. Jangan terlalu sering berburuk sangka kepadaNya ketika keadaan tidak berpihak kepadamu.

Sebesar apapun ujian itu, kita harus percaya segala ujian yang hadir di dalam kehidupan kita ada makna yang harus kita maknai yang mungkin akan mendatangkan kebaikan.

Sebab dengan berbaik sangka hidup kita akan jauh lebih baik. Karena setiap kita berbaik sangka insya Allah, Allah akan datangkan kebaikan-kebaikan di dalam hidup kita, beserta dengan orang-orang baik untuk menemani langkah kita dalam kebaikan.

Sutanti Idris, S.E.
(Owner Khayra_Convention & Kader PMII Makassar)