Warga Bandar Terkonfirmasi Positif Covid-19, Bupati Batang Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

 
Warga Bandar Terkonfirmasi Positif Covid-19, Bupati Batang Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Warganya positif terkonfirmasi Covid-19 di RSUD Bendan, Bupati Batang buka konferensi Pers di rumah dinasnya (Foto: AJP)

LADUNI.ID, Batang - Seorang warga di Kabupaten Batang Jawa Tengah, teridentifikasi terkena virus Covid-19. Hal itu diketahui setelah pihak RSUD Bendan Kota Pekalongan menyatakan salah satu pasiennya yang berasal dari Kecamatan Bandar Kabupaten Batang terkonfirmasi positif Covid-19 .

Menurut Bupati Batang Wihaji, pihaknya mendapat laporan dari pihak RSUD Bendan. Bahwa warganya positif Covid-19.

“Kita mendapat laporan darI RSUD Bendan, satu warga kita hasil swab-nya dinyatakan positif corona,” Kata Bupati Batang Wihaji saat Konferensi Pers di Rumah Dinasnya, Kamis (21/5/2020).

Ia menjelaskan, bahwa warganya yang sedang dirawat di RSUD Bendan adalah seorang perempuan berusia 44 tahun, status Janda. “Dia bekerja sebagai pedagang makanan di rumah. Hari ini kita mulai tracing yang pernah berkontak langsung, baik keluarga maupun tetangganya,” ujar Wihaji.

Terkait penelurusan riwayatnya, kata Wihaji, warganya pernah berkontak langsung dengan saudara yang pulang dari Semarang.

“Kita masih telusuri riwayatnya, karena kita juga belum bisa memastikan dengan siapa tertularnya,” katanya.

Baca Juga: Kabar Duka Kembali Menyelimuti Tenaga Medis, Seorang Perawat RSUD dr M Soewandhie Meninggal

Atas kasus itu, Wihaji meminta kepada warganya agar mematuhi surat edaran pemerintah tentang protokol kesehatan. Selain itu, Wihaji juga mengimbau wargnya supaya menunaikan shalat Idul Fitri di rumah.

“Saya minta shalat Idul Fitri dilaksanakan di rumah, karena di berbagai daerah kasus Covid ada peningkatan,” tegas Wihaji.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Mukhlasin mengungkapkan, pasien terkonfirmasi positif corona tersebut pernah dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kalisari Batang, tapi karena penuh akhirnya dirujuk ke RDUD Bendan Kota Pekalongan.

“Dibawa ke IGD RSUD Kalisari Batang tanggal 18 Mei dengan diagnosa awal tipes dan demam berdarah, tapi karena penuh dirujuk ke RSUD Bendan Kota Pekalongan,” ungkap dia.

Baca Juga: Program Santunan Rutin Bulan Ramadhan, Ketua Ranting NU Sidorejo: KBNU, Insya Allah Dapat Keberkahan

Untuk diketahui, atas peristiwa itu tercatat penambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Batang per 20 Mei 2020 pukul 19.00 WIB, sebanyak 23 orang. Dari jumlah tersebut, satu orang meninggal dunia, sembuh 8 orang, dan sisanya masih dirawat di rumah sakit.