Ustadz Ma'ruf Khozin: Niat Puasa Sambil Diet

 
Ustadz Ma'ruf Khozin: Niat Puasa Sambil Diet

LADUNI.ID, Jakarta - Biasanya, sekali lagi biasanya setelah berpuasa akan turun berat tubuh kita. Kalau tambah berat? Kemungkinan kita cuma puasa siang hari tapi memindah jadwal makan ke malam hari, ditambah menu buka puasa dan sahur yang lebih nikmat. Ada yang sudah timbang badan?

Kalau ibadah puasa dibarengi dengan tujuan untuk diet bagaimana? Puasanya adalah niat ibadah atau akhirat sementara diet adalah niat duniawi. Berikut khilafiyah ulama tentang 2 niat ini:

ﻭَﺣَﻴْﺚُ ﻭَﻗَﻊَ ﺗَﺸْﺮِﻳﻚٌ ﺑَﻴْﻦَ ﻋِﺒَﺎﺩَﺓٍ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﻫُﻨَﺎ ﻓَﺎَﻟَّﺬِﻱ ﺭَﺟَّﺤَﻪُ اﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪِ اﻟﺴَّﻼَﻡِ ﺃَﻧَّﻪُ ﻻَ ﺛَﻮَاﺏَ ﻟَﻪُ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ، ﻭَاﻟْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪُ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻟَﻪُ اﻟْﻐَﺰَاﻟِﻲُّ اﻋْﺘِﺒَﺎﺭُ اﻟﺒﺎﻋﺚ ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻥَ اﻷَْﻏْﻠَﺐُ ﺑَﺎﻋِﺚَ اﻵْﺧِﺮَﺓِ ﺃُﺛِﻴﺐَ، ﻭَﺇِﻻَّ ﻓَﻼَ

"Jika terjadi dualisme niat antara ibadah dengan selain ibadah seperti disini (niat wudhu' dan untuk mendinginkan tubuh) maka menurut Ibnu Abdissalam tidak dapat pahala sama sekali. Pendapat yang kuat disampaikan oleh Al-Ghazali bahwa jika niat akhiratnya lebih dominan (niat puasa) maka mendapatkan pahala. Jika tidak (artinya lebih dominan niat diet / mengecilkan perut) maka tidak dapat pahala" (Hasyiyah Al-Jamal, 1/108)

•] Tetap niat ibadah, otomatis manfaat atau kebaikan dunia seperti kesehatan akan dapat dicapai.

*) Oleh Ustadz Ma’ruf Khozin


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari