Ibadah Haji tahun 2020 Resmi Ditiadakan

 
Ibadah Haji tahun 2020 Resmi Ditiadakan

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam konferensi pers secara virtual yang disiarkan melalui kanal Youtube, kementrian Agama menyatakan bahwa tahun 2020 tidak memberangkatkan jamaah haji karena terkait dengan pandemi COVID-19 yang masih melanda di tanah air maupun dunia termasuk Arab Saudi.

"Pemerintah tidak memberangkatkan haji 2020," kata Menag Fachrul Razi, Selasa (2/6)

Dengan adanya peniadaan pemberangkatan calon jamaah Haji tahun 2020, artinya ratusan calon jamaah haji asal Indonesia batal berangkat di tahun ini.

Keputusan ini diambil setelah melalui kajian dari semua pihak , dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun dan kurangnya waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk keamanan jamaah.

"Keputusan ini diambil dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan Jamaah," tambahnya

Berdasarkan data Johns Hopkins University, per Selasa (2/6), jumlah pasien positif corona di Arab Saudi ada sebanyak 87.142 orang. Sementara, jumlah orang yang meninggal akibat corona tercatat ada 525 orang.