Alasan Pemerintah Tunda Pemberangkatan 629 Calon Jamaah Haji Asal Sumenep

 
Alasan Pemerintah Tunda Pemberangkatan 629 Calon Jamaah Haji Asal Sumenep

LADUNI.ID, SUMENEP - Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Sumenep memastikan bahwa pemberangkatan 629 calon jamaah haji tahun 2020, asal ujung timur Pulau Madura ditunda hingga hingga 2021. 

Kasi Haji Kemenag Sumenep Moh. Rifa’i Hasyim, Selasa 2 Juni 2020 mengatakan, penundaan Pemberangkatan Haji 2020 Kabupaten Sumenep karena telah mendapatkan instruksi yang dikeluarkan Kementrian Agama (Kemenag) pusat. 

Menurutnya, perubahan jadwal itu bakan hanya berlaku di Sumenep, tapi juga berlaku bagi seluruh jamaah haji Indonesia akibat pandemi covid 19. 

"Jadi, Berdasar instruksi yang dikeluarkan Kementrian Agama (Kemenag) barusan begitu,” tegasnya kepada wartawan. 

Dikatakan, ratusan jamaah yang rencana akan diberangkatkan itu telah melunasi biaya pemberangkatan. Tapi pemerintah Indonesia tidak akan memberangkatkan jamaah haji ke Arab Saudi.

Sekedar diketahui, jamaah haji Sumenep yang terpaksa ditunda ada 629 jamaah. Sedangkan yang sudah melunasi tahap satu ada 590 orang dan tahap dua sebanyak 39 jamaah. Sementara, keuangan jamaah haji yang sudah masuk ke Badan Pengelola Keuang Jamaah Haji Indonesia akan disimpan secara khusus dan aman. (*)