Tips Mempermudah Bekerja dari Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

 
Tips Mempermudah Bekerja dari Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

LADUNI.ID, Jakarta - Wabah virus Corona (COVID-19) semakin tidak terkendali membuat aktivitas serba terbatas, pertumbuhan ekonomi yang tidak menentu imbas rendahnya daya beli masyarakat. selama pandemi ini teknologi berperan penting dalam mendukung aktivitas seseorang, karena berkaitan dengan kebijakan Pemerintah untuk Pembatasan Sosial atau lockdown yang berlaku hampir di seluruh dunia.

Adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar membuat aktivitas sehari-hari harus dilakukan dari rumah, baik belajar, beribadah dan bekerja semua dilakukan dari Rumah atau work from home ( WFH), untuk menunjang semua kegiatan yang dilakukan dari rumah supaya tidak membosankan dibutuhkan kondisi lingkungan yang kondusif, alat yang memadai.

Dikutip dari laman Kompas.com ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah pekerjaan dari rumah
1. Buat jadwal mingguan
Suasana bekerja di kantor dan di rumah tentu tidak sama. Jika di kantor bisa bekerja lebih fokus, mungkin berbeda jika di rumah. Pasalnya, akan ada gangguan eksternal yang bisa jadi malah merusak mood bekerja saat WFH

2. Singkirkan hal yang menghambat 
Keinginan untuk bermain game atau menonton drama film favorit mungkin bisa saja muncul pada saat bekerja di rumah. Jangan menunda atau bahkan meninggalkan tugas yang harus dikerjakan. 

3. Buat tempat kerja senyaman mungkin 
Manfaatkan sudut ruangan di rumah yang membuat nyaman dan jauh dari kebisingan. Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu luang dengan mendekorasi tempat kerja sesuai keinginan agar menjadi lebih nyaman dan membawa energi positif. 

4. Mengikuti kursus online Isi waktu luang dengan mengikuti kursus online. 
Untuk diketahui, pada masa pandemi seperti sekarang banyak lembaga atau perusahaan yang mengadakan kursus online secara cuma-cuma. Manfaatkan peluang tersebut. Selain bisa menambah ilmu dan meningkatkan keterampilan di bidang tertentu, Anda juga bisa memperluas koneksi serta relasi. 

5. Gunakan perangkat laptop berkualitas 
Salah satu permasalahan yang kerap menjadi penghalang produktivitas pekerja saat melakukan WFH adalah tools atau alat kerja yang digunakan.