Satu Keluarga di Batam Terkena Virus Corona Usai Silaturrahim Lebaran

 
Satu Keluarga di Batam Terkena Virus Corona Usai Silaturrahim Lebaran

LADUNI.ID, Batam - Terdapat 11 orang terkonfirmasi virus corona atau Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (3/6). Lima di antaranya adalah satu keluarga yang tertular Covid-19 setelah melaksanakan silaturrahim lebaran.

Hal ini sebagaimana diumumkan oleh Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 Kota Batam . "Ada kluster baru," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman Kumparan, Kamis (4/6) kemarin.

Menurut Ketua Gugus Tugas Batam Muhammad Rudi, kelima pasien diidentifasi sebagai pasien 142, 143, 144, 145 dan 149. Mereka secara berturut-turut merupakan adik kandung, adik ipar, keponakan, mertua dan istri dari pasien 100 yang sudah lebih dulu dinyatakan positif COVID-19.

Rudi mengatakan kelima pasien tertular virus corona ketika silaturahmi dengan pasien 100 saat Idul Fitri kemarin.  Satu keluarga itu dikelompokan dalam kluster TGR. Sebelumnya Batam telah memiliki dua kluster yaitu HOG Eden Park dan Palm Spring.

Di luar kluster TGR, diumumkan pasien 141 adalah perempuan 25 tahun, ibu kandung pasien 133. Keduanya menjalani tes usap karena suaminya meninggal di rumah dengan riwayat keluhan batuk disertai demam dan sesak nafas.

Kemudian pasien 146 terkait dalam kluster HOG Eden Park. Ia merupakan pedagang Pasar Toss 3000. Diketahui pasien ini adalah ayah kandung pasien 131. Istri pasien ini adalah jemaat dan teman pasien 82 yang bertemu saat acara pernikahan.

Sedangkan pasien 148 adalah teman pasien 108 yang juga terhubung dalam kluster HOG Eden Park.  Lalu pasien 147 terkait kluser Palm Spring. Pasien ini diketahui menghadiri takziah PDP yang meninggal, berinisial IA.

Adapun pasien 150 adalah perempuan 34 tahun, kasus baru yang tidak terhubung dengan kluster lain. Serta pasien 151 adalah pedagang Pasar Tos 3.000, hasil penyisiran dari pasien 79 yang diketahui rutin belanja barang kebutuhan warung sembako di pasar tersebut.