Masa Transisi PSBB, PMII Jakut Bagikan Ratusan Nasi Bungkus untuk Pekerja Informal.

 
Masa Transisi PSBB, PMII Jakut Bagikan Ratusan Nasi Bungkus untuk Pekerja Informal.

LADUNI.ID, Jakarta-Memasuki masa transisi PSBB, sejumlah kegiatan sosial ekonomi kembali dimulai secara bertahap dengan beragam protokol yang harus ditaati. Dalam rangka menggerakan kembali roda perekonomian  masyarakat sekaligus membangun kesadaran masyarakat dalam memutus penyebaran Covid-19, PC PMII Jakarta Utara kembali melakukan aksi sosial yang bertajuk "Gerakan Peduli Covid-19 PMII Jakarta Utara".

Kegiatan kali ini diwarnai dengan membagikan makanan kepada para pekerja informal di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara. Pembagian makanan berupa nasi Bungkus tersebut dilakukan di Jalan Yos Sudarso sampai dengan Jalan RE. Martadinata. Paket nasi bungkus diberikan kepada para pengemudi ojek dan pekerja informal lainnya yang sedang bekerja dan mencari nafkah di sekitar jalanan.

Adapun kegiatan sosial ini diprioritaskan kepada para pekerja informal yang notabennya tidak memiliki pendapatan pasti. Oleh sebab itu, atas nama PC PMII Jakarta Utara, para kader turun ke jalan  membagikan ratusan paket nasi bungkus di Wilayah Jakarta Utara, Kamis (04/06/2020).

Untuk pendistribusian paket nasi bungkus, Ketua Komisariat PMII UNTAG Jakarta Monetio Julian menjelaskan bahwa kegiatan mulai dilakukan ba’da Isya karena banyaknya pekerja Informal yang masih berkerja dan belum mendapatkan hasil seharian.”kami menyasar kepada pekerja buruh harian lepas yang masih bekerja dimalam hari untuk meringankan beban akibat pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

Pewakilan Pengurus Komisariat PMII LP3I Plumpang Agus Idham Jumhari yang turut hadir  mengungkapkan kebahagiaannya dalam membantu sesama. “Sungguh sangat luar biasa dan senang hati kami perwakilan Pengurus Komisariat PMII LP3I Plumpang bisa berkontribusi dalam kegiatan ini, serta kegiatan ini bisa terealisasi dengan baik dan lancar pada masa transisi New Normal dari pandemi COVID-19”

Idham berharap agar kedepanya para kader PMII tetap istiqomah dalam melanjutkan perjuangannya dengan memberikan manfaat di tengah masyarakat. “Semoga dengan direalisasikan kegiatan ini oleh PC PMII Jakut bisa memberikan kontribusi dengan baik kepada masyarakat khususnya, serta tetap Istiqomah untuk merealisasikan program kegiatan ini selama masa transisi pandemi covid-19,”harap Idham.

Wakil Ketua 3 PC PMII Jakut Nu’man Nugroho menambahkan, aksi sosial tersebut merupakan salah satu rangkaian dari Gerakan Peduli Covid-19 PMII Jakarta Utara.

“Para Pekerja Informal dan pekerja jalanan mereka perlu diberikan bantuan karena sangat terdampak covid-19. Mereka juga masuk dalam pekerja harian yang sehari hari bergantung apa yang mereka dapatkan.” Ujar Nu’man

Di masa transisi PSBB ini, Nu’man mengajak masyarakat untuk saling peduli meskipun bentuknya kecil, namun sangat berpengaruh untuk menghidupkan kembali geliat perekenomian di tengah masyarakat. ia pun berharap, agar apa yang dilakukan PMII Jakut hari ini harus diikuti oleh seluruh komponen masyarakat, dan juga pemerintah agar bisa mengajak dan melakukan aksi yang sama atau hal lain yang bisa membangkitkan Kembali ekonomi dimasyarakat.

“Dengan mengajak seluruh komponen Pemerintah dan juga masyarakat yang lain melakukan aksi yang sama, semakin seluruhnya peduli semakin diringankan juga warga yang terdampak Covid-19, serta masa transisi tidak hanya virusnya yang kita selesaikan tapi ekonominya” harap Nu’man.

Kurun sebulan terakhir, selain intens dan konsisten menyasar masyarakat yang membutuhkan. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jakarta Utara juga membagian puluhan paket sembako kepada warga Kota Administrasi Jakarta Utara yang terdampak virus Corona. Adapun aksi sebelumnya dilakukan untuk warga yang berdomisisli di daerah pesisir nelayan Jakarta utara, Tunawisma, serta seluruh kelurahan di Jakarta Utara. Tak ketinggalan penyemprotan disenfektan dilakukan di sekitar Sekretariat PMII Jakarta Utara.