Amalan Doa agar Barang yang Hilang Segera Ditemukan

 
Amalan Doa agar Barang yang Hilang Segera Ditemukan

LADUNI.ID, Jakarta - Kehilangan barang atau yang lainnya, tentunya membuat kebingungan, stress, gelisah atau yang lebih parah lagi bisa menyebabkan depresi bagi mereka yang kehilangan, apalagi kalau yang hilang merupakan sesuatu yang berharga atau hal terpenting dalam hidupnya hal ini membuat sebagian orang akan menjadi beban baru dalam hidupnya.

Lalu bagaimana kita memaknai kehilangan, apa yang harus dilakukan, Islam mengajarkan seseorang untuk bersabar dalam menerima musibah tentunya disertai dengan berusaha, berdoa dan tawakal.

Dikutip dari laman pissktb.com, Sayidina Abdullah Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma di saat kehilangan barang, beliau melakukan amalan ini:

يتوضأ ويصلي ركعتين ويتشهد ويقول: يا هادي الضال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك..

Yaitu:
1. Berwudhu
2. Melakukan shalat sunnah dua raka'at
3. Mengucapkan syahadat
4. Membaca doa ini:

يا هادي الضال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك...

YAA HAADIYAD DHOOLLI WA ROODDAD DHOOLLATI URDUD 'ALAYYA DHOOLLATII BI 'IZZATIKA WA SHULTHOONIKA FA INNAHAA MIN 'ATHOO'IKA WA FADHLIKA.

Artinya: Ya Allah, Dzat yang memberi petunjuk bagi orang yang tersesat, yang mengembalikan barang yang hilang. Kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemulyaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu’.”

Pengalaman beberapa teman yang kehilangan sesuatu seperti dompet, kunci, uang dan barang berharga lainnya dengan izin Allah barang yang hilang itu ditemukan tanpa berkurang sedikitpun. Silahkan diamalkan bagi yang kehilangan, Insya Allah, dengan izin-Nya Allah permudahkan untuk mendapatkannya kembali. Amalan ini terdapat dalam kitab Ahiyatul Haniyah Karya Al-Quthub Al-Habib Ali bin Hasan Al-Atthas disebutkan:
"Sebagian ulama berkata: Barang siapa kehilangan sesuatu lalu ia membaca (يا حفيظ) "Yaa Hafiidz" sebanyak 119 kali tanpa di tambah atau dikurang kemudian membaca bagian dari surat Luqman ayat 16 berikut :

{يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ

Sebanyak 119 kali maka Allah akan mengembalikan barang yang hilang tersebut dan menjaganya. Insya Allah dengan izin-Nya barang tersebut akan kembali lagi. Jangan lupa wudhu, menghadap Qiblat dan awali dengan basmalah.