Buku Panduan Praktis Puasa dan Zakat

 
Buku Panduan Praktis Puasa dan Zakat

LADUNI.ID, Jakarta - Idealnya dua tema di atas memang diulas dalam masing-masing buku yang praktis, tidak terlalu tebal namun tuntas. Saya temukan penjelasan ini dalam 2 buku Fikih Puasa dan Fikih Zakat.

Apa kelebihan buku ini? Saya menemukan banyak keterangan yang jarang kita dengar. Misalnya adakah sanksi tatkala bagi orang yang mampu berzakat namun enggan mengeluarkan zakat? Sanksi yang hendak diterapkan oleh Nabi:

ﻣَﻦْ ﺃَﻋْﻄَﺎﻫَﺎ ﻣُﺆْﺗَﺠِﺮًا ﻓَﻠَﻪُ ﺃَﺟْﺮُﻫَﺎ، ﻭَﻣَﻦْ ﻣَﻨَﻌَﻬَﺎ ﻓَﺈِﻧَّﺎ ﺁﺧِﺬُﻭﻫَﺎ ﻭﺷَﻄْﺮَ ﻣَﺎﻟِﻪِ

"Barang siapa mengeluarkan zakat karena mengharap pahala maka ia dapat pahala zakat. Barangsiapa yang menolak mengeluarkan zakat maka akan kami ambil bersama separuh hartanya" (HR Abu Dawud)

Dan masih banyak lagi penjelasan ilmu seputar zakat dan puasa, tentu 2 permasalahan tersebut selalu kita jumpai setiap tahun. Jadi tidak ada istilah 'kadaluwarsa judul', meskipun kita baru saja melewati Ramadhan. Referensi yang beliau gunakan hampir keseluruhan adalah kitab-kitab induk Madzhab Syafi'i seperti Al-Majmu', Mughni Al-Muhtaj dan sebagainya.

Buku ini ditulis oleh salah satu Saadah Alawiyyin muda, Habib Ahmad Ghazali Assegaf. Dari kalangan Habaib banyak yang kita temui sebagai ulama dengan menjalani pendidikan Agama di Pesantren, Ribath (Yaman dan Timur Tengah), Majlis Ilmu dan sebagainya. Namun tidak jarang juga dari Habaib yang menjalani pendidikan Agama secara akademis dan menjadi guru besar.

Termasuk Habib Ghozali ini. Beliau menempuh S1 di Madinah dan banyak bermulazamah bersama Habaib Aswaja di Madinah. Kemudian melanjutkan S2 di Al-Azhar, Mesir. Dan kini beliau mengasuh pesantren Daarul Ma'arif di Lampung.

جزاكم الله خيرا سيدي واطال الله عمركم في صحة وعافية ونفع بعلومكم.

 

*) Oleh Ustadz Ma’ruf Khozin


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari