Pesan dari Abah Guru Sekumpul tentang Ziarah Kubur

 
Pesan dari Abah Guru Sekumpul tentang Ziarah Kubur

LADUNI.ID, Jakarta - Kata Abah Guru Zaini Sekumpul, siapa yang ziarah ke kubur wali, maka dia akan termasuk dalam rombongan wali. Itu nanti diakhirat dan hajatnya cepat kabul berkat wali yang kita ziarahi. Dan kata beliau lagi,siapa yang ziarah ke kubur orang tuanya, maka dia menyenangkan hati orang tuanya di akhirat karena orang tuanya di sana mendapat kiriman yang banyak, karena do'a anaknya kepada orang tuanya dan do'a anak kepada orang tuanya itu cepat sampai dan banyak, paling banyak hadiahnya dari orang lain dan juga berkat anak yang mendo'akan orang tuanya maka orang tuanya masuk surga.

Ziarah itu simbol Ahlussunnah wal Jama'ah. Ziarah bukan syirik. Ziarah memang disuruh karena ziarah tujuannya adalah mengambil berkat bukan menuhankan kubur.

Ziarah ke kubur orang tua, ziarah kekubur wali-wali, ziarah ke kubur orang sholeh-sholeh adalah bagus dan itu memang disuruh.

Kita ziarah ke kubur wali bukan berarti kita minta sama orang yang di dalam kubur, akan tetapi kita minta sampaikan sama orang yang di dalam kubur agar orang itu nyampaikan kembali kepada Allah karena orang yang di dalam kubur adalah waliyullah. Itu namanya tawasshul, wali itu orang yang sangat dekat dengan Allah ('arif billah).

Dengan berkat ini wali, kabul segala hajat,bukan minta do'a kepada wali, bukan menuhankan wali. Akan tetapi wali atau orang yang di dalam kubur adalah cuma perantara saja. Orang yang ziarah tujuannya minta berkat kepada yang diziarahi.

Kita ziarah ke kubur orang tua kita, kita kirimi hadiah buat orang tua  kita di sana dan itu pasti sampai kirimannya. karena kita sebagai anak wajib mendo'akan orang tua kita.

Kita ziarah ke kubur wali atau ulama kita berharap berkat dari beliau, ngambil berkat beliau. Semoga kita termasuk dalam wilayah kewalian berkat kita ziarah ke kubur para wali.

Salah satu wali yang ada di Kalimantan Selatan adalah Datu Arsyad Kalampayan, Guru Zainal Ilmi, Abah Zaini Sekumpul, Habib Basirih. Dengan berkat wali kita semua mendapatkan berkah dari wali itu.

Catatan pengajian beliau di musholla Ar-Raudhah sekumpul hari ahad sore tahun 1999.

Mudah-mudahan kita termasuk orang yang suka ziarah. Mudah-mudahan berkat kita ziarah ke kubur wali, kabul segala hajat. Selamat dunia akhirat, husnul khatimah 'indal maut, masuk surga bighoiri hisaab, terkumpul didalam surga bersama Rasulullah SAW, dan juga bersama Datu Arsyad Kalampayan dan pula terkumpul bersama Guru Sekumpul.

ﺍﻣﻴﻦ ﺍﻣﻴﻦ ﺍﻣﻴﻦ ﻳﺎ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﷺ

KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani