Kiai Chatib Sendang, Cicit Sunan Kudus yang Menjala Ikan dari Mushalla

 
Kiai Chatib Sendang, Cicit Sunan Kudus yang Menjala Ikan dari Mushalla

LADUNI.ID, SUMENEP - Salah satu cicit dari Kiai Chatib Sendang adalah kiai Abdul Ghani. Beliau yang merawat peristirahatan terakhir kiai chatib di Desa Sendang Kecamatan Pragaan Sumenep Jawa Timur. 

Bahkan, beliau pula yang tetap melestarikan beberapa peninggalan kiai chatib. Seperti mushalla yang kini direnovasi. Namun, Beberapa peninggalan kiai chatib berada di Ganding. Antara lain Jidur, pajung agung, tombek panyarang, layangan dari tembaga.

Suatu ketika, kata dia, kiai Chatib memiliki tamu. Maklum, kiai besar di masa itu, pasti selalu kedatangan tamu yang sekedar ingin bertandang atau ingin menimba ilmu dari sang kiai. 

Namun, kiai Chatib tidak memiliki ikan sebagai lauk untuk jamuan makan. Sehingga, kiai Chatib keluar ke halaman rumah dan mengambil jala. Tanpa bergerak kemanapun, ternyata jala tersebut dilempar dari mushalla dan tiba-tiba sudah mendapatkan ikan. 

"Tentu saja, para tamu yang berada di tempat itu, dibuat kaget dan takjub. Sebab, tanpa kemana mana kiai bisa mendapatkan ikan laut, lalu dibawa ke ibu nyai untuk dimasak" katanya. 

Seperti diketahui, Kiai Chatib merupakan putra dari Pangeran Katandur atau Syech Ahmad Baidhawi. Pangeran Katandur adalah cucu dari Sunan Kudus. (*)