Panti Asuhan Rumah Piatu Muslimin Jakarta

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Rumah Piatu Muslimin Jakarta

Profil

Rumah Piatu Muslimin (RPM) Kramat Raya, Jakarta Pusat. RPM didirikan oleh para istri pengurus Sarekat Islam pada 1931.

Awalnya, rumah ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak Islam yang kehilangan ibunya semasa perang karena dianggap menderita dampak psikologis yang lebih berat. Saat ini, RPM juga menerima anak Islam yatim maupun yatim piatu.

Amrih Rahayu (43 tahun), kepala pengasuh panti yang biasa dipanggil Ayu ini mengungkapkan, menjelang dan selama bulan puasa, banyak orang yang berkunjung. Mulai sekadar memberikan uang sumbangan hingga yang meminta untuk mengadakan buka puasa bersama. Tak jarang, mereka diundang berbuka puasa di luar.

Selain kegiatan sosial seperti buka bersama, pada bulan puasa kegiatan keagamaan anak-anak asuh juga ditingkatkan. Mereka tak hanya diminta bertadarus Alquran setelah Maghrib, tapi juga belajar sari tilawah, mengikuti kuis Ramadhan, mendengarkan kultum, serta Tarawih berjamaah.

Tak hanya itu, tiap hari semua anak asuh baik yang masih SD atau sudah SMA diajarkan untuk mencuci, menyapu, merapikan tempat tidur, serta menyetrika sendiri. Panti berusaha mendidik anak asuh mandiri.

Meski bukan dalam artian ibadah, datangnya Ramadhan membawa kebahagiaan bagi anak asuh. Salah satunya adalah Anisa Destri (13 tahun). Nisa sudah menunggu saat datangnya Lebaran. ''Agar bisa pulang ketemu nenek,'' katanya mantap.

Walau senang memiliki banyak teman di panti asuhan, Nisa ingin bertemu keluarganya. Nisa tidak memiliki ayah ataupun ibu. Sebelum tinggal di panti, ia diasuh oleh kakek-neneknya yang tinggal di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Lebaran ini, Nisa punya kesempatan pulang bagi anak asuh, baik saat Idul Fitri selain saat Idul Adha. 

Pendiri

  1. Romo Raden Goenawan
  2. Siti Zahra Goenawan

Pengasuh

  1. Romo Raden Goenawan
  2. Siti Zahra Goenawan
  3. Amrih Rahayu

Alamat

Jalan Kramat Raya No. 11 Jakarta Pusat 10450
Telpon : +6221-3106848 ; +6221-3107901
Faks. : +6221-3918484 ; +6221-3918222

 

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Website: https://ver02.rumahpiatu.org/